24 Jam Dibuka Secara Online, 450 Ribu Orang Mendaftar Haji 2021

Ibadah haji
Istimewa
Ibadah haji
Penulis: Redaksi

JERNIH.ID - Pemerintah Arab Saudi mengeluarkan kebijakan untuk menggelar ibadah haji khusus bagi warga dalam negeri, animo warga di negara tersebut sangat tinggi sekali. Baru 24 jam pembukaan pendaftaran haji yang dilakukan secara online ini, lebih dari 450 ribu orang sudah mendaftarkan diri. Dari jumlah tersebut 60 persen berjenis kelamin laki-laki dan 40 persen perempuan.

Sementara, kuota yang ditentukan oleh Pemerintah Arab Saudi untuk musim haji tahun 2021 ini hanya berjumlah 60 ribu orang. Jumlah ini lebih banyak dari tahun 2020 yang hanya memberi kesempatan kepada seribuan orang saja karena pandemi yang belum juga usai.

“Prioritas akan diberikan pada mereka yang berumur lebih dari 50 tahun yang belum menunaikan haji. Pendaftaran haji tahun ini diberikan pada semua bangsa (ekspatriat yang berdomisili di Arab Saudi),” kata Deputi Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi Abdulfattah Mashat Dilansir Arabnews, Rabu (16/6).

Proses pendaftaran jamaah haji domestik tahun ini akan ditutup sebelum 23 Juni. Jamaah yang sudah mendaftar harus segera memilih paket haji yang disediakan dalam waktu tiga jam setelah mendaftar untuk menghindari pembatalan.

Paket-paket haji ini juga yang membedakan haji tahun ini dengan tahun sebelumnya. Jika pada tahun 2020 seluruh biaya haji ditanggung oleh Pemerintah Arab Saudi, pada tahun ini jamaah dikenakan biaya sekitar 12-16 ribu riyal atau 45-60 juta rupiah, tergantung paket yang dipilih.

Untuk mempersiapkan haji tahun ini, Pemerintah Arab Saudi juga sudah mempersiapkan sarana dan prasarana. Persiapan ini akan terus dilakukan sampai dengan akhir pekan ini. Mashat mengatakan bahwa hanya jamaah yang berumur di atas 18 tahun yang diizinkan untuk memasuki situs atau area haji selama pelaksanaan ibadah haji tahun ini.

Sementara sebelumnya, Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Arab Saudi, Agus Maftuh Abegebriel mengatakan bahwa pihaknya sedang mengupayakan agar warga negara Indonesia (WNI) yang menetap di Arab Saudi mendapatkan kesempatan untuk berhaji dalam jumlah ribuan.

"Kita sedang upayakan agar dapat kuota 1.000 WNI yang sedang bermukim di Saudi bisa berhaji tahun ini. Tahun lalu hanya puluhan," katanya.

Sumber: nu.or.id