Daftar Pangkat Polri, Mulai dari Perwira Hingga Tamtama

Penulis: Redaksi , Editor: Ardy - Jumat, 05 Agustus 2022 , 13:58 WIB
Ilustrasi Polri
Istimewa
Ilustrasi Polri

JERNIH.ID, Jakarta - Berikut daftar urut pangkat dalam institusi Polri, mulai dari yang tertinggi hingga terendah. Golongan pangkat Polri sendiri terbagi menjadi tiga, dari tinggi ke rendah, yakni Perwira, Bintara, hingga Tamtama.

Golongan itu berdasarkan Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2016 tentang Administrasi Kepangkatan Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia dalam BAB II tentang Golongan Kepangkatan Pasal 3.

Berikti daftar pangkat Polri, dimulai dari Perwira hingga Tamtama yang paling rendah.

GOLONGAN PERWIRA

1. Perwira Tinggi

Pangkat paling tinggi pada Kepolisian Negara Republik Indonesia adalah Perwira Tinggi. Jabatan ini terdiri dari Jenderal Polisi, Komisaris Jenderal Polisi, Inspektur Polisi dan Brigadir Jenderal Polisi.

a. Jenderal Polisi

Jenderal merupakan posisi paling tinggi di kepolisian. Lambang yang dimiliki polisi dengan pangkat ini adalah 4 bintang emas yang juga menjadi tanda kehormatan lantaran seorang Jenderal pasti mengemban tugas serta tanggung jawab yang penting dan berat.

b. Komisaris Jenderal Polisi (Komjen)

Komjen atau komisaris jenderal menjadi pangkat polisi dengan jabatan penting dalam kepolisian. Biasanya, Komjen akan menempati jabatan kepala BNN, Wakapolri, hingga Kabaintelkam. Adapun lambang polisi berpangkat komisaris jenderal adalah 3 bintang emas.

c. Inspektur Jenderal Polisi (Irjen)

Irjen atau inspektur jenderal menempati posisi tiga teratas. Polisi dengan pangkat ini dapat menjadi pemimpin tertinggi kepolisian daerah (Kapolda). Sementara lambang pangkat yang dimiliki oleh Irjen adalah 2 bintang berwarna emas.

d. Brigadir Jenderal Polisi (Brigjen)

Brigjen menempati posisi paling bawah pada golongan perwira tinggi. Polisi dengan pangkat ini bisa menjabat sebagai Kapolda. Brigjen memiliki pangkat simbol bintang satu.

2. Perwira Menengah

Perwira menengah meliputi pangkat Komisaris Polisi, Ajun Komisaris Besar Polisi dan Komisi Besar Polisi.

a. Komisaris Besar Polisi (Kombespol)

Pangkat Kombespol menjadi yang tertinggi pada jenjang Perwira Menengah. Lambangnya dengan tiga bunga melati emas yang berjejer.

b. Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP)

Pangkat ini disebut juga sebagai superintendent. Tugas dari AKBP umumnya dibantu oleh Komisaris Polisi atau Kompol. Pangkat ini dilambangkan dengan dua diamond dengan warna emas.

c. Komisaris Polisi (Kompol)

Komisaris Polisi atau Kompol menjadi pangkat paling rendah di Perwira Menengah dengan lambang satu diamond berwarna emas.

3. Perwira Pertama

Selanjutnya adalah jenjang Perwira Pertama yang terdiri dari Senior Inspektur Polisi, Inspektur Polisi Tinggi, hingga Inspektur Polisi Dua.

a. Ajun Komisaris Polisi (AKP)

AKP adalah pangkat tertinggi pada jenjang Perwira Pertama yang bertugas mengawasi kinerja bawahannya. AKP menjadi senior dari dua komisaris lainnya dengan lambang tiga balok berwarna emas.

b. Inspektur Polisi Satu (IPTU)

Lambang dari pangkat IPTU adalah dua balok emas. Dalam kemiliteran, pangkat ini dapat disetarakan dengan Letnan Satu.

c. Inspektur Polisi Dua (IPDA)

IPDA dapat bekerjasama dengan AIPDA untuk melakukan tugas. Dalam kemiliteran, pangkat ini bisa disetarakan dengan Letnan Dua. Sementara lambangnya sendiri adalah satu balok berwarna emas.

Baca halaman selanjutnya



PT. Jernih Indonesia Multimedia - Jernih.ID