Dugaan Adanya Penerbitan KTP Ganda, GABP Jambi Sambangi Dinas Dukcapil Kota Jambi

Saiful dan Subheng (kanan) saat sambangi Dinas Dukcapil Kota Jambi
Istimewa
Saiful dan Subheng (kanan) saat sambangi Dinas Dukcapil Kota Jambi
Pernulis: Redaksi | Editor: Muhammad Syafe'i

JERNIH.ID, Jambi - Pertanyakan atas terbitnya KTP ganda atas nama Subheng, Gerakan Anak Bangsa Peduli (GABP) Provinsi Jambi mendatangi Kantor Dinas Dukcapil Kota Jambi, Senin (1/3/2021).

Koordinator aksi, Saiful Iskandar mengatakan kedatangan pihaknya bersama korban ini, dalam rangka advokasi atas adanya dugaan penerbitan KTP ganda yang diduga ada oknum di Dinas Dukcapil Kota Jambi bermain menerbitkan KTP ganda ini.

"Kita minta kepada bapak walikota, wakil walikota untuk menyelesaikan secepatnya dan anggota DPRD Kota Jambi harus turun langsung mengecek hal ini," kata Saiful.

Lebih lanjut, Saiful menjelaskan kasus ini dalam rangkaian persuasif untuk diselesaikan dan ini sangat merugikan Pak Subheng yang tidak bisa menggunakan KTP lagi sebab tidak bisa diakses lagi dikarenakan datanya ganda.

Sementara itu, Subheng yang merupakan korban penerbitan KTP ganda ini mengungkapkan dirinya sangat dirugikan, karena secara online data kependudukannya tidak ada yang terdaftar.

"Dalam penertiban KTP ganda melalui Dinas Dukcapil Kota Jambi ini saya tidak pernah mendapat konfirmasi, maupun menandatangani surat kuasa. Hal ini tentunya sangat merugikan saya, baik secara moral maupun materil. Saya berharap masalah ini secepatnya bisa diselesaikan," tukasnya.

Terpisah, Dinas Dukcapil Kota Jambi mengatakan jika persolan ini dari sisi kami pelayanan berharap masyarakat lebih aktif untuk melaporkan apabila terjadi hal-hal demikian, karena itulah tugas Dukcapil untuk memenuhi apapun kebutuhan kependudukan dari masyarakat.

"Kita akan berupaya maksimal untuk melakukannya sesuai dengan regulasi-regulasi yang ada," kata Kadis Dukcapil Kota Jambi, Mulyadi.