Fachrori: Sinergitas Kerja Percepat Pemeriksaan Swab Covid-19

Fachrori dan Fasha bersama pihak terkait usai penandatanganan kerjasama
Humas Pemprov Jambi
Fachrori dan Fasha bersama pihak terkait usai penandatanganan kerjasama
Pernulis: Redaksi | Editor: Muhammad Syafe'i

JERNIH.ID, Jambi - Gubernur Jambi, Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum sangat mendukung sinergitas kerja antara Pemerintah Provinsi Jambi, Pemerintah Kota Jambi, Universitas Jambi, Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Jambi dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Wilayah Jambi untuk mempercepat pemeriksaan SWAB Covid-19 di Provinsi Jambi.

Hal tersebut disampaikan Fachrori usai Penandatanganan Naskah Sinergitas Kerja antara Pemerintah Provinsi Jambi, Pemerintah Kota Jambi, Universitas Jambi, Balai Pengawas Obat dan Makanan Jambi dan Ikatan Dokter Indonesia Wilayah Jambi, yang berlangsung di Ruang Kerja Gubernur, Kantor Gubernur Jambi, Senin (01/06).

"Penandatanganan sinergitas kerja ini dalam rangka penanganan dan pelaksanaan pemeriksaan SWAB dengan metode PCR Covid-19 di Provinsi Jambi. Saya sangat antusias dan mendukung sinergitas kinerja ini, dimana kita memiliki informasi yang lebih cepat dan tepat untuk pemeriksaan SWAB covid-19 di Provinsi Jambi," ujar Fachrori.

"Kita memiliki semangat dan komitmen yang sama dalam penanganan wabah covid-19 di Provinsi Jambi, karena sampai saat ini wabah pandemi Covid-19 masih mengancam kehidupan masyarakat secara global, khususnya masyarakat Provinsi Jambi. Jumlah kasus Covid-19 di Provinsi Jambi masih rendah dibandingkan daerah lainnya, namun kita lihat tren grafiknya ada kemungkinan meningkat dari waktu ke waktu," jelas Fachrori.

Lebih lanjut, Fachrori menuturkan, untuk penambahan dan pengurangan jumlah pasien positif atau negatif Covid-19 adalah melalui hasil SWAB test dengan metode PCR, yang mana selama ini Provinsi Jambi selalu mengirimkan sample ke Pusat dan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengetahui hasilnya.

"Lamanya waktu menunggu hasil dari pusat menjadi salah satu kendala dalam mempercepat penanganan pasien positif Covid-19 dan dalam rangka meminimalisir kemungkinan penyebaran Covid-19 di Provinsi Jambi. Kita mengambil langkah nyata dengan memotong beberapa rangkaian proses dalam pemeriksaan SWAB, sehingga tidak perlu menunggu waktu yang lama untuk mengetahui hasilnya," tutur Fachrori.

Fachrori mengharapkan untuk segera menindaklanjuti naskah sinergitas kerja dan setiap pihak dapat segera melaksanakan tugas dan tanggung jawab masing masing, sesuai dengan kesepakatan guna mendapatkan hasil yang terbaik demi kemaslahatan masyarakat Provinsi Jambi.

Walikota Jambi, H.Syarif Fasha mengatakan, penandatanganan naskah sinergitas kerja ini sangat baik sekali untuk mengetahui hasil tes SWAB lebih cepat karena selama ini Provinsi Jambi selalu mengirimkan sample ke pusat yang memerlukan waktu cukup lama sekitar lebih kurang 1 minggu.

"Masing-masing pihak pada penandatanganan naskah sinergitas kerja ini saling memberikan kontribusi sehingga ini menjadi simbiosis mutualisme yaitu kerjasama yang saling menguntungkan dalam penanganan Covid-19 di Provinsi Jambi. Saya mengharapkan pelaksanaan sinergitas kerja ini akan memberikan manfaat yang lebih cepat bagi masyarakat, karena selama ini yang menjadi kendala adalah lamanya menunggu hasil SWAB dari pusat," kata Fasha.