Hikmah Pagi: Imam Ahmad Ibn Hambal (W. 241 H) di Masanya

Pernulis: Super Admin

JERNIH.ID, Kota Jambi - Siapa yang tidak mengetahui Imam Ahmad Ibn Hambal salah seorang murid terbaik Imam Syafi’I dengan kecerdasan yang diatas rata-rata, hikmah pagi mencoba menghadirkan cerita-cerita menarik, yang boleh jadi belum pernah didengar sebelumnya. Hikmah pagi menyajikan tulisan sederhana, namun berbobot dan diharapkan siapa saja bisa menikmatinya sehingga bisa bermanfaat luas Aamien.

Suatu ketika berkumpul banyak orang dengan Abu Daud (W.261) agar suasana tidak sepi, maka Abu daud bercerita tentang ke ‘aliman Imam Ahmad Ibn Hambal. Abu Dau mengatakan: Saya berjumpa dua ratus guru, tidak ada yang saya lihat seperti Imam Ahmad Ibn Hambal. Beliau tidak pernah meributkan dunia, sebagaimana kebanyakan orang, namun apabila Ilmu disebut beliau baru angkat bicara.

Imam Ahmad sangat hati-hati dan punya haibah yang sangat tajam. Yazid Ibn Harun (W. 206 H) sangat memuliakan dan menghormatinya, padahal beliau adalah guru Imam Ahmad Ibn Hambal. Suatu ketika banyak santri mengelilingi Tuan Guru Yazid Ibn Harun diantara mereka salah satunya adalah Ahmad Ibn Hambal, kemudian Yazid Ibn Harun bercanda dengan santrinya. Lantas Imam Ahmad ‘’berdehem’’. Sang Guru bertanya, siapa yang berdehem? Para santri menjawab, Ahmad Ibn Hambal, kemudian Yazid Ibn harun berkata: “kenapa kalian tidak bilang bahwa ada Ahmad Ibn Hambal di sini, biar saya tidk bercanda”. (Lihat: Tarikh Dimasy, Jilid: 5:269).

Suatu hari diceritakan Muhammad Utsman duduk ngaji kitab kuning di depan gurunya Muhammad Ibn Nashr al-Marwazi (W. 294 H), bercerita tentang sirah para Ulama Hadits diantaranya adalah Imam Ahmad Ibn Hambal. Imam al-Marwazi mengatakan, saya beberapa kali ke rumahnya dan berkumpul bersamanya dan sering dialog bersamanya.

Siapakah yang banyak meriwayatkan hadits Imam Ahmad Ibn Hambal ataukah Ishaq Ibn Rahawaih (W. 238 H)? Ahmad Ibn Hambal, sahut Imam Marwazi. Walaupun Ishaq Ibn Rahawaih adalah salah satu murid kesayangan Imam Syafi’i dan penyebar madzhab beliau yang juga murupakan salah satu guru Imam Ahmad Ibn Hambal.

Siapakah yang lebih kuat hafalannya Ahmad atuakah Ishaq? Ahmad Ibn hambal, Jawab Imam Marwazi
Diantara keduanya siapakah yang lebih faqih? Ahmad Ibn hambal, Ujar Imam Marwazi.

Ahmad Ibn hambal mengungguli orang-orang di masanya. (Lihat: Siyar A’lamin Nubala’, Jilid: 11/203).

Semoga cerita ini bisa menginspirasi dan semoga Allah menjaga para Ulama kita Aamien Allahumma Aamien. Al-Faqir Ila Allah, ZA.