Hingga September 2021, Jasa Raharja Jambi Telah Menyerahkan Santunan 23,4 Miliar

Jasa Raharja saat di lokasi koran keecelakaan
Jasa Raharja Cabang Jambi
Jasa Raharja saat di lokasi koran keecelakaan
Penulis: Redaksi | Editor: Muhammad Sapi'i

JERNIH.ID, Jambi - Sebagai perusahaan yang menjalankan Program Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Penumpang (DPWKP) dan Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (DKLLJ), Jasa Raharja memiliki tugas pokok yaitu pertama memberikan perlindungan dasar dengan menghimpun dan mengelola dana dari masyarakat guna memenuhi pemberian hak kepada masyarakat atas santunan, kedua menyerahkan santunan kepada masyarakat yang mengalami kecelakaan lalu lintas dan ketiga pembangunan negara melalui deviden.

"Dalam menjalankan program tersebut, Jasa Raharja telah menyerahkan santunan hingga September 2021 sebesar 23,4 miliar naik 3,5 persen dibanding sampai dengan September 2020 sebesar 22,8 miliar, dengan penyerahan santunan kepada korban meninggal dunia sampai dengan September 2021 sebesar 15,1 miliar, naik 10 persen dibanding sampai dengan September 2020 sebesar 13,7 miliar dan korban luka-luka sebesar 7,8 milyar, turun 6 persen dibanding sampai Juni 2020 sebesar 8,3 miliar," kata Kepala Jasa Raharja Cabang Jambi, M. Zulham Pane, Selasa (12/10/2021).

Dalam penyeraan santunan kepada korban kecelakaan lalu lintas di wilayah Provinsi Jambi, dijelaskannya korban yang mengalami luka berat dan meninggal dunia masih banyak dialami pengendara sepeda motor sebanyak 46 persen dari total pengendara kendaraan lain mobil dan truck, mayoritas berjenis kelamin laki-laki sebanyak 71 persen dari total korban dan rata-rata berusia 15-24 tahun sebanyak 31 persen dari total korban. Rata-rata penyelesaian berkas santunan sampai dengan bulan September 2021 sejak tanggal kecelakaan tidak sampai 2 hari yaitu sebesar 1,49 hari.

"Jasa Raharja juga memiliki program pencegahan kecelakaan dimana hingga September 2021 ini telah menyalurkan sarana pencegahan kecelakaan berupa lifebuoy dan ringbuoy melalui BPTD wilayah V Provinsi Jambi serta sarana pencegahan juga disalurkan langsung ke pemilik kapal di Kawasan wisata Danau Sipin. Selain itu, rutin dilaksanakan pelayanan kesehatan gratis berupa pengecekan rapid test antigen bekerjasama dengan Kimia Farma bagi para awak kendaraan umum seperti di PO Jambi Transport dan PO Damri, serta konsultasi Kesehatan gratis dengan bekerjasama dengan Biddokes Polda Jambi yang diselenggarakan di kawasan wisata Danau Sipin," jelasnya.

Tidak hanya fokus dalam menjalankan amanah utama, Jasa Raharja juga memiliki program CSR (Corporate Social Responsibility) yang di naungi Unit Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan yang hingga triwulan III ini banyak mengadakan kegiatan sosial berupa bantuan 100 paket sembako melalui Pemerintah Kota Jambi, bantuan penanaman bibit pohon melalui Dinas Lingkungan Hidup, menyelenggarakan pelatihan teknik pewarnaan kain shibori kepada teman disabilitas, bantuan 100 paket sembako ke lingkungan kantor yang terdampak pandemic Covid-19, serta pelatihan kewirausahaan untuk para ahli waris korban kecelakaan lalu lintas di Provinsi Jambi.