Mengapa Fajarman? Bukan Jaelani atau Agus yang Menjadi Pj Sekda Merangin

Bupati Mashuri saat lantik Pj Sekda Merangin Bupati Mashuri saat lantik Pj Sekda Merangin
Penulis: Upro | Editor: Muhammad Sapi'i

JERNIH.ID, Merangin - Dari tiga nama calon yang bersaing ketat merebutkan jabatan ‘empuk’ kursi Sekda Merangin, tiba-tiba Fajarman yang dilantik Bupati Merangin Mashuri menjadi penjabat (Pj) Sekda Merangin, Rabu malam (8/9).

Lalu bagaimana dengan dua calon lainnya, Kadis Dukcapil Jailani dan Kepala Bappeda Agus Zainudin. Apakah kedua calon sekda tersebut, dianggap tidak mampu atau mulai ‘diburemkan’ dari pencalonan sekda Merangin?.

Padahal disisi lain menurut Yogi Simanjuntak salah seorang pengamat kebijakan public, selagi ketiganya masih dalam tahap seleksi penjaringan sekda oleh Panitia Seleksi (Pansel), semua masih mampunyai hak yang sama.

‘’Semua calon sekda itu, masih mempunyai hak yang sama untuk dilantik menjadi Pj Sekda Merangin,’’ ujar Yogi Simanjuntak dengan logat Batak yang sangat kental, Kamis pagi (9/9/2021).

Alangkah baiknya lanjut dosen ilmu pemerintahan ini, Pj Sekda itu diambil dari figur lain, bisa dari kalangan asisten bupati atau pejabat lainnya, mengingat ketiga calon sekda ini masih dalam proses penjaringan.

Dikawatirkan Yogi Simanjuntak, dengan dilantiknya salah satu calon sekda itu menjadi Pj Sekda, akan mempengaruhi proses tahapan penjaringan sekda yang dilakukan oleh Pansel.

Terpisah, Bupati Merangin Mashuri usai acara pelantikan Pj Sekda menerangkan, pelantikan Pj Sekda itu cepat dilakukan karena sudah tiga hari sejak Senin (06/9), Pemkab Merangin mengalami kekosongan pejabat sekda.

Kekosongan jabatan sekda itu terjadi, pasca mundurnya Pj Sekda Merangin Muktamar Hamdi dan tidak bersedia jabatannya diperpanjang sampai terpilihnya Sekda Merangin definitive.

‘’Kalau kita biarkan lama jabatan Sekda itu kosong, tentu akan terjadi kevakuman. Ini akan sangat mempengaruhi kinerja pemerintahan, terutama administasi kepegawaian dan administrasi keuangan,’’ terang Bupati.

Benar. Tapi mangapa yang dilantik menjadi Pj Sekda itu salah satu dari tiga calon sekda, yang nyata-nyata sedang bersaing ditahapan seleksi jabatan Sekda Merangin? ‘’Itu karena sudah adanya penunjukan dari Pak Gubernur Jambi,’’ terang Bupati.

Karena sudah ada penunjukan dari Gubernur Jambi Al Haris itulah lanjut Mashuri, kemudian bupati Merangin menerbitkan SK-nya, berdasarkan penunjukan gubernur tersebut.

Diharapkan bupati, dengan sudah adanya Pj Sekda Merangin yang merangkap jabatan sebagai Kepala DPKAD Merangin, semua admisistrasi pemerintahan berjalan normal seperti semula. Pj Sekda akan bekerja sampai terpilihnya Sekda definitive.

Menyinggung bagaimana dengan tahapan penjaringan Sekda? Dijelaskan Mashuri, Pansel baru menentukan tiga besar calon Sekda, Jailani, Agus Zainudin dan Fajaman.

‘’Untuk mengerucut menjadi satu calon, nanti kami berkoordinasi dengan Pak Gubernur Jambi. Setelah itu, nanti baru kita usulkan ke Mendagri. Jadi untuk SK definitive Sekda Merangin nanti dari Mendagri,’’ terang Mashuri.