PMI Jambi Jalin Kerjasama dengan UIN STS Jambi dan Kopertais Wilayah III Jambi

Prof Su'aidi dan HBA (kanan) usai penandatanganan perjanjian kerjasama
Istimewa
Prof Su'aidi dan HBA (kanan) usai penandatanganan perjanjian kerjasama
Pernulis: Redaksi | Editor: Muhammad Syafe'i

JERNIH.ID, Jambi - Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Jambi dibawah kepemimpinan Hasan Basri Agus (HBA) terus menunjukan keberadaannya di Jambi. Kali ini PMI Provinsi Jambi menjalin kerjasama dengan UIN STS Jambi dan Kopertais Wilayah III Jambi.

Penandatangan kerjasama ini langsung dilakukan di Sekretariat PMI Provinsi Jambi, yang langsung dihadiri Ketua PMI Provinsi Jambi, HBA, Rektor UIN STS Jambi, Prof Su'aidi, Wakil Walikota Jambi, Maulana, pihak Kopertais Wilayah III Jambi dan yang lainnya, Selasa (2/3/2021).

Dalam sambutannya, Prof Su'aidi mengatakan jika dirinya dan Pak HBA sudah saling cukup mengenal dan pernah punya gagasan besar bersama untuk Provinsi Jambi, jadi dirinya sangat senang atas tawaran kerjasama PMI Provinsi Jambi dengan UIN STS Jambi.

Kerjasama UIN STS Jambi dan PMI Provinsi Jambi dikatakannya sangat tepat, karena hari ini UIN STS Jambi sedang mengembangkan sayapnya untuk bekerjasama dengan berbagai pihak, baik dalam negeri maupun luar negeri.

"Kerjasama UIN STS Jambi dengan berbagi pihak ini, baik lintas keagamaan maupun non keagamaan yang selama ini dipersempit. Kerja dermawan dan sukarelawan PMI ini merupakan hal-hal berkaitan dengan agama, lingkungan hidup itu juga agama, urusan jalan agama dan urusan rumah sakit itu agama yang selama ini itu dianggap tidak agama," kata Prof Su'aidi.

Hari ini, dikatakannya UIN STS Jambi sedang memperlurus cara pandang ini bahwa apa saja yang kita kerjakan di dunia ini untuk kepentingan umat manusia dan lingkungannya, berniat mengawal itu agama. Oleh karena itu, UIN STS Jambi sedang membentuk 20an pusat kajian, yang sudah dibentuk ada 13 pusat kajian dan dalam minggu ini akan dibentuk 3 pusat kajian. Satu diantara tiga pusat kajian ini adalah pusat kajian sains dan rekayasa masa depan.

"UIN STS Jambi sangat siap bekerjasama, kita mempunyai mahasiswa saat ini 17 ribu lebih dan dalam waktu dekat ini akan mencapai 25 ribu yang akan menciptakan kerjasama dengan PMI yang dahsyat," ujarnya.

Sementara itu, HBA mengucapkan rasa syukur karena saat ini PMI di Provinsi Jambi sudah mulai aktif kembali dan sekarang sudah menunjukan keberadaannya dengan memberikan bantuan dimana-dimana ke masyarakat disaat pandemi Covid-19, maupun saat masyarakat terkena dampak banjir.

"Kami bangga dan Pak Jusuf Kalla (Ketum PMI) juga tentunya sangat bangga, karena PMI Provinsi Jambi selalu ada dimana-mana untuk membantu sesama," kata anggota DPR RI ini.

Dirinya mengungkapkan jika PMI Jambi juga mempunyai semangat yang sama dengan Pak Profesor (Suaidi, red), dimana nantinya PMI juga akan menyediakan mobil berjalan untuk membantu masyarakat, kemudian nanti akan ada sekolah tinggi dan donor darah juga.

"Sekarang semua ini dalam rangka pembahasan dan pengkajian secra mendalam kegiatan-kegiatan kedepan. Kita tentunya ingin menunjukan keberadaan kita, dan kita ingin membangun Jambi sesuai dengan bidang kita. Sekarang di PMI, kita akan tunjukan kalau kita bisa terbaik se-Indonesia," ujar HBA.

Keberadaan UIN Jambi saat ini dikatakannya sangat luar biasa dan keberadaan ini akan kita support, kita harapkan keberadaan UIN menunjukkan keberadaan Provinsi Jambi. Kita berbuat baik untuk masyarakat di Provinsi Jambi, apapun yang kita perbuat untuk kepentingan banyak masyarakat. Kita menginginkan dan mencita-citakan Jambi jadi lebih baik dan anak-anak Jambi yang hebat-hebat kedepan.

"PMI Provinsi Jambi sekarang sedang berbenah dan sudah melakukan konsolidasi dengan PMI di 11 Kabupatan/Kota dan PMI Jambi akan sudah mendapat anggaran 1,2 miliar mulai tahun kemarin, mudah-mudahan dilanjutkan lagi tahun ini," tukas mantan gubernur Jambi ini.