Rahima Harap Bintek Bantu IKM Bertahan Ditengah Pandemi

Rahima saat buka Bimbingan Tenis Produksi IKM
Humas Pemprov Jambi
Rahima saat buka Bimbingan Tenis Produksi IKM
Pernulis: Redaksi | Editor: Muhammad Syafe'i

JERNIH.ID, Jambi - Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jambi Hj.Rahima Fachrori berharap agar bimbingan teknis (bintek) bagi Industri Kecil Menengah (IKM) bisa membantu IKM bertahan ditengan pandemi Covid-19. Harapan tersebut disampaikannya dalam Pembukaan Bimbingan Teknis Produksi bagi Wirausaha Industri Kecil Menegah (IKM) Makanan yang sangat Terdampak Covid-19 di Kota Jambi, bertempat di Aula Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Jambi, Selasa (15/09/2020).

Bimbingan teknis tersebut diselenggarakan Disperindag Provinsi Jambi berkerja sama dengan Disperindang Kota Jambi yang turut dihadiri Wakil Ketua Dekranasda Provinsi Jambi Iin Kurniasih, Ketua Persit 042/Gapu Dewi Zulkifli, Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi dan Pembangunan Ir.Hj.Sri Anggunaini. Bintek ini merupakan upaya sinergis Pemerintah Provinsi Jambi dengan Pemerintah Kota Jambi, Dekranasda Provinsi Jambi, dan para pelaku IKM Makanan di Kota Jambi.

Rahima menyampaikan, sejak pandemic Covid-19 melanda seluruh dunia termasuk Provinsi Jambi, berbagai sektor terdampak, bukan hanya kesehatan melainkan juga sektor ekonomi, termasuk IKM. Untuk itu, Dekranasda terus berupaya memberikan bimbingan agar usaha kecil bisa bergairah kembali.

Rahima mengatakan, bintek yang dilaksanakan merupakan salah satu bentuk kepedulian pemerintah yang didukung oleh Dekranasda Provinsi Jambi dalam mensinergikan program pemerintah daerah agar para IKM bisa tetap eksis dan produktif ditengah pandemic Covid-19.

 “Saya menyambut baik dan memberikan apresiasi yang tinggi atas penyelenggaraan Bintek Produksi bagi Wirausaha IKM Makanan untuk mewujudkan peningkatan dan pendapatan masyarakat. Dengan adanya bintek yang dilaksanakan, kita bisa mendapat ilmu, di sini kita juga bisa memperkenalkan produk yang kita buat kepada masyarakat,” ungkap Rahima.

”Kita sangat mengharapkan hasil produk IKM se Provinsi Jambi dapat lebih dikenal di tingkat nasional dan internasional dalam rangka peningkatan pendapatan ekonomi masyarakat,” tutur Rahima.

Pada kesempatan tersebut, Rahima menyerahan bantuan berupa paket peralatan memasak bagi para peserta bintek, yang diserahkan secara simbolis.

Sebelumnya, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jambi Rosnipa menyampaikan, pelaksanaan Bintek ditengah pandemic Covid-19 merupakan bentuk kepedulian pemerintah dalam membantu masyarakat yang sangat terdampak Covid-19 dimana sejak Covid-19 melanda dunia, bukan saja masalah kesehatan melainkan masalah ekonomi masyarakat sangat terganggu.

“Namun, secara perlahan masyarakat sudah mulai beraktivitas dan perekonomian setelah lebaran sudah mulai bangkit. Untuk itu, Disperindag selalu memberikan motivasi bagi IKM dan meberikan Bintek agar IKM tetap Produktif, inovatif, dan kreatif ditengah pandemic, agar IKM bisa tetap maju dalam peningkatan ekonomi keluarga,” kata Rosnipa.

Rosnipa menjelaskan, bintek yang diselenggarakan untuk menambah pengetahuan bagi para pelaku IKM makanan dalam memilih bahan baku yang akan digunakan yang terdapat di lingkungan sekitar, untuk penyaluran produk makanan, dan kemasan yang akan digunakan, serta cara promosi ditengah masyarakat.