Survei Pilgub Jambi Puspoll Indonesia, Elektabilitas CE-Ratu Ungguli Dua Kandidat Lainnya

Muslimin Tanja saat paparkan hasil survei di Pilgub Jambi 2020
jernih.id
Muslimin Tanja saat paparkan hasil survei di Pilgub Jambi 2020
Penulis: Redaksi | Editor: Muhammad Syafe'i

JERNIH.ID, Jambi - Elektabilitas calon gubernur dan wakil gubernur Jambi nomor 01, Cek Endra-Ratu Munawaroh jelang Pilgub Jambi 9 Desember mendatang menempati posisi teratas dibandingkan dua kandidat lainnya.

"Berdasarkan hasil survei yang kami laksanakan, Paslon 01 CE-Ratu diperingkat pertama dengan 42,2 persen," kata Direktur Eksekutif Lembaga Survei Puspoll Indonesia, Muslimin Tanja saat menyampaikan hasil survei di Pilgub Jambi, Kamis (3/12/2020).

"Diperingakat kedua ada Paslon 03 Al Haris-Sani 26,8 persen dan diperingakat ketiga Palson 02 Fachrori-Syafril 23,3 persen. Untuk yang tidak tahu ada 8,1 persen," tambahnya.

Ia menjelaskan, kalau dilihat selisihnya antara peringkat dan 2 berada di 15,8 persen. Keunggulan Paslon 1 ini berada di 7 kabupaten/kota, yakni Sarolangun, Tebo, Batanghari, Kota Jambi, Muaro Jambi, Tanjab Barat dan Tanjab Timur.

Kemudian, untuk Paslon 02 Fachrori-Syafril unggul di dua kabupaten/kota yakni, Kerinci dan Sungai Penuh. Paslon 03 Al Haris-Sani hanya unggul di satu kabupaten yakni Merangin.

"Walupun keunggulan Paslon 02 ada 2 kabupaten/kota namun keunggulannya tipis, sehingga tingkat elektabilitas berada di peringkat ketiga. Sementara Paslon 03 walupun unggul hanya satu kabupaten namun kekalahan mereka juga tipis, sehingga tingkat elektabilitas di peringkat kedua," jelasnya.

Untuk diketahui, waktu survei ini dilakasanakan dari tanggal 20-25 November 2020 dengan usia minimum responden 17 tahun atau sudah memenuhi syarat pemilih.

Sementara jumlah sampel untuk survei ini ada 1.200 responden dengan margin of error +/- 2,8 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Responden paling tinggi adalah Kota Jambi dengan 16,7 persen karena pemilih di Kota Jambi adalah terbanyak dan paling terendah adalah Kota Sangai Penuh.