Tiga Elemen Ini Punyai Integritas, Bawaslu RI: Pilkada 2020 Akan Berjalan Sukses

Ketua Bawaslu RI, Abhan
Jernih.id
Ketua Bawaslu RI, Abhan
Pernulis: Redaksi | Editor: Muhammad Syafe'i

JERNIH.ID, Jambi - Launching Pengawasan Pilkada Serentak 2020, dilaksanakan oleh Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawasalu) Provinsi Jambi, di Taman Tugu Juang, Kota Jambi, Sabtu (15/02/2020).

Hadir dikesempatan ini, Ketua Bawaslu RI, Abhan memgatakan dalam menyukseskan Pilkada ini tiga elemen, yakni penyelenggara, peserta dan masyarakat yang harus mempunyai integritas .

Ia menjelaskan penyelenggara yakni KPU dan Bawaslu harus mempunyai itegritas sebagai penyelennggara. "Sebagai penyelenggara harus bertindak adil, jujur dan tidak memihak agar tercipta Pilkada yang aman, damai dan demokratis," katanya.

Abhan juga menghimbau kepada TNI, Polri, ASN harus bersikap netral didalam Pilkada, walupun ASN punya hak memilih tetapi mereka harus netral. "Bisa saja ASN tidak netral, tapi itu kalau sudah didalam bilik memilih. Sekali lagi kami mengigatkan TNI, Polri dan ASN harus netral," tegasnya.

Untuk peserta Pilkada, ia juga mengatakan harus juga mempunyai integritas agar taat dan patuh pada aturan main yang telah ditetapkan oleh UU dan PKPU.

Sementara, untuk elemen masyarakat diakatanya bagi masyarakat yang mempunyai hak pilih itu sangat menentukan nasib kedepannya bagi suatu daerah.

"Masyarakat Jambi lah nanti yang akan menentukan nasib Provinsi Jambi kedepannya. 5 menit menetukan 5 tahun kedepan Jambi bagaimana," ungkapnya.

Maka dari itu, ia berharap masyarakat yang mempunyai hak pilih berbondong-bondonglah datang untuk menentukan nasib Provinsi Jambi kedepannya dan jadilah pemilih yang berintegritas, pemilih yang baik agar menciptakan pemimpin yang amanah dan baik juga.

"Kalau ketiga ini mempunyai integritas, tentunya kita akan mengulang kesuksesan Pemilu yang sebelumnya dan menciptakan Pemilu yang damai dan demokratis," ujarnya.

"Pilihan boleh beda, tapi kita tetap NKRI," timpalnya.