Warga Seberang Sambut Baik Program Lapangan Kerja Bagi Sarjana Muda CE-Ratu

Cek Endra saat safari politik di Seberang Kota Jambi
Istimewa
Cek Endra saat safari politik di Seberang Kota Jambi
Pernulis: Redaksi

JERNIH.ID, Jambi - Cagub Jambi Drs H Cek Endra kembali melanjutkan safari politiknya di Seberang Kota Jambi (Sekoja), Sabtu (17/10/2020). Dalam silaturahmi kali ini, kandidat dengan nomor urut 1 ini bertemu dengan para tokoh masyarakat di Kelurahan Olak Kemang dan Tahtul Yaman.

Dalam silahturahminya CE (panggilan akrabnya), menyampaikan beberapa program dan visi misi kedepan. Salah salah satunya yaitu menciptakan lapangan kerja bagi masyrakat jambi terutama bagi sarjana muda.

"Sarjana banyak setiap tahunnya tapi sayang hal ini tidak diimbangi dengan pembukaan lapangan kerja. Karena itulah kedepan, saya bersama dengan ibu Ratu sudah memasukkan program ini menjadi program unggulan." ucap CE.

Selain itu, CE juga mengungkapkan bagaimana strateginya untuk membuka lapangan pekerjaan tersebut. Kata CE, lapangan kerja yang dimaksud bukan hanya menjadi Pegawai Negeri, tetapi banyak sumber lain yang bisa menjadi lahan pekerjaan.

"Kalau di seberang saya lihat banyak keramba ikan, peternakan, lahan tidur dan UMKM. Nah, ini bisa kita kembangkan dengan cara memberikan bantuan modal, pelatihan dan pemberian benih gratis serta cara pemasarannya," lanjut CE.

"Kalau untuk Jambi secara umum, selain kita terapkan cara yang sama, kita akan tarik investor untuk berinvestasi membangun pabrik dan lain sebagainya. Dengan demikian, lapangan terbuka akan terbuka secara besar-besaran." jelas CE.

Tidak hanya itu, CE juga membeberkan seberang juga dikenal dengan sentra batik serta kampung santri. "Kita kaya akan batik dan semua bermuara di sini. Selain itu, seberang kaya akan santri jadi kita berikan beasiswa sehingga ketika kembali sudah langsung bisa bekerja," tandas CE.

Mendengar penuturan CE terkait masih banyak sarjana tak punya pekerjaan, Suandi salah satu tomas seberang membenarkan apa yang disampaikan CE tersebut. Ia mengatakan, setiap tahunnya ada lima sampai tujuh ratus mahasiswa yang lulus setiap tahunnya.

"Setiap tahunnya ada banyak yang lulus, namun yang mendapat kerja kurang dari satu persen. Strategi yang disampaikan pak CE sangat masuk akal dan sangat mungkin terealisasi," terangnya.

Dia menambahkan, dari pantauannya, CE memang dikenal bekerja dengan sungguh-sungguh saat memimpin Sarolangun. Dibanding dengan Kota Jambi, masyarakat Sarolangun memang sedikit sejahtera soal ekonomi.

"Kita lihat dari sarolangun beliau cukup peduli dan antusias dngan masyarakatnya. Jadi saya yakin beliau mampu menciptakan lapangan kerja nantinya," tuturnya.

Terpisah, Mahfub tokoh masyarakat Tahtul Yaman juga menyambut baik semua program yang diusung CE-Ratu. Kata Mahfub, semua program Cerah menyasar jawaban dari keluhan masyarakat.

"Program lapangan kerja adalah program yang memang ditunggu masyarakat. Bukan hanya soal PNS, tetapi bagaimana seorang gubernur bisa mencarikan solusi lain agar masyarakat punya usaha yang bisa menopang ekonomi keluarga" tandasnya. (*)