Hasil Survei Gerindra, Fachrori Teratas di 4 Kabupaten Ini

Ketua Tim Keluarga Fachrori, Miftahul Ikhlas
Istimewa
Ketua Tim Keluarga Fachrori, Miftahul Ikhlas
Pernulis: Redaksi | Editor: Muhammad Syafe'i

JERNIH.ID, Jambi - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gerindra Provinsi Jambi merampungkan survei internal. Hasilnya cukup mengejutkan. Posisi petahana Fachrori Umar kian menguat. Angka elektabilitasnya tersodok ke 16,21 Persen.

Fachrori mengungguli sejumlah kandidat lain, semisal Cek Endra (15,11 Persen), Al Haris (14,18 Persen). Sementara, elektabilitas Fachrori hanya terpaut 1 persen dari Syarif Fasha. Dari survei partai komando itu, elektabilitas Fasha berada di angka 18,7 Persen.

Gerindra melibatkan Landmark Survei Indonesia untuk melakukan riset dan pemetaan elektoral bakal calon kepala daerah di Provinsi Jambi itu. Survei digelar 1-15 Februari 2020 dan melibatkan 2.455 responden dengan margin of error 1,8 Persen.

Miftahul Ikhlas, Ketua Tim Keluarga Fachrori Umar, menyebut telah menerima salinan hasil survey partai komando itu. Dari data, kata Paul sapaan akrabnya terlihat angka elektabilitas Fachrori Umar sangat membahagiakan. Tak seburuk gembar-gembor berbagai lembaga survei selama ini.

Padahal, lanjut Paul, Fachrori satu-satunya kandidat yang belum membentuk tim, belum melakukan sosialisasi secara massive.

Menurut Paul, tingkat akurasi survei Gerindra itu di atas 95 Persen. Riset juga memetakan elektabilitas Pilgub, yang hanya melibatkan 4 kandidat. Posisi Fachrori, kata Paul,  juga cukup meyakinkan dengan angka elektabilitas mencapai 22,74 Persen.

“Jauh meninggalkan Haris dan CE yang berada di angka 20 dan 21 Persen,” ujarnya.

Sementara Walikota Jambi, Sy Fasha elektabilitasnya berada di 25 Persen.

Survei menunjukkan, Fachrori sangat dominan di Bungo (44,79 Persen). Angka elektabilitas sang petahana itu juga meyakinkan di berbagai daerah, seperti Tanjung Jabung Barat (37,17 Persen), Tanjab Timur dan Tebo (36 Persen) dan Kerinci berikut Batanghari (23 Persen).

“Dari simulasi, duet Fachrori-Safrial berada di posisi 32,67 Persen. Angka yang sangat luar biasa,” katanya.

Paul mengaku, hasil survei ini akan menjadi acuan tim untuk bergerak dan merancang strategi. Ia haqqulyakin, petahana Fachrori Umar akan kembali menjadi Gubernur pada periode berikut.

“Kita sudah mempersiapkan gerakan. Kalau tim sudah bergerak, angka elektabilitas calon kita Insya Allah akan berada diposisi satu,” ujarnya.

"Dari survei menunjukkan, Fachrori menguasai basis terbesar dan terbanyak. Menguasai 4 kabupaten," tandasnya.(*)