Kunjungan Keimigrasian Jambi, Al Haris: Merangin Segera Miliki UKK Imigrasi 

Al Haris (kiri), Morina Harahap dan Mashuri
Istimewa
Al Haris (kiri), Morina Harahap dan Mashuri
Penulis: Upro | Editor: Muhammad Syafe'i

JERNIH.ID, Merangin - Kabupaten Merangin akan segara memiliki Unit Kerja Kantor (UKK) Imigrasi. Hal tersebut disampaikan Bupati Merangin Al Haris, usai menerima kunjungan kerja Kepala Devisi Keimigrasian Kanwil Kemenkum HAM bersama rombongan di ruang kerjanya, Selasa (14/7).

Al Haris didampingi Wabup Merangin Mashuri mengatakan, di Merangin ada juga tenaga kerja asing. Makanya ini harus diawasi betul, jangan sampai tenaga asing itu masuk ke wilayah Kabupaten Merangin tanpa ada pantau dari pihak terkait.

"Kabupaten Merangin dekat dengan Bandara Bungo dan letak geografisnya berada diperlintasan Jalan Lintas Sumatera, dimana volume orang dan barang yang melintasinya juga meningkat. Penduduk Kabupaten Merangin masuk tiga besar di Provinsi Jambi,’’ terang Al Haris.

Menyinggung apa yang sudah disiapkan untuk pendirian UKK Imigrasi? Dijelaskan Al Haris, untuk proses administrasinya sudah siap semua. Bahkan dokumen administrasi itu sudah dikirim ke Dirjen Imigrasi Kemenkum HAM.

‘’Kami sudah siap 100 persen. Jika nanti masih ada yang harus dilengkapi, akan segara kami siapkan. Saya juga siap untuk audiensi dengan Dirjen, membawa data pendudung untuk pembangunan UKK Imigrasi ini di Merangin,’’ terangnya.

Bagaimana dengan fisik gedung rencana kantornya? Al Haris katakan, jika Kepala Devisi Keimigrasian Kanwil Kemenkum HAM Jambi Ny Morina Harahap, bersama rombongan dengan Wabup Merangin Mashuri tadi telah memantau langsung lokasi rencana kantornya.

‘’Kita akan gunakan Kantor Samsat, karena disana lokasinya cukup memadai, baik gedung, lahan parkir dan jaringan internetnya sudah siap pakai. Untuk Samsat nanti akan kita pindahkan ke lokasi lebih luas di eks Kantor Kehutanan Merangin,’’ jelasnya.

Sementara itu Kepala Devisi Keimigrasian Kanwil Kemenkum HAM Jambi Ny Morina Harahap mengatakan, kunjungan kerjanya ke Kabupaten Merangin bersama rombongan, untuk berkoordinasi dengan bupati terjadap permohonan pendirian UKK Imigrasi.

‘’Selain itu kami untuk meninjau rencana lokasi UKK Imigrasi di Merangin. Kami juga ingin tahu sejauh mana persiapan Kabupaten Merangin dalam pendirian UKK Imigrasi ini. Kita juga  berencana memanggil semua manager perusahaan di  Jambi untuk sosialisasi peraturan Imigrasi,’’ ujarnya.

Pada kesempatan itu, Kepala Devisi Keimigrasian Kanwil Kemenkum HAM Jambi mengaku, sangat berterimakasih atas kesiapan dan respon yang sangat baik dari Bupati Merangin Al Haris bersama Wabup Mashuri terhadap rencana pendirian UKK Imigrasi di Merangin.