NasDem Pastikan Usung Anies Baswedan untuk Pilpres 2024

Penulis: Redaksi , Editor: Ardy - Senin, 03 Oktober 2022 , 18:48 WIB
Anies Baswedan
Yuddy Cahya Budiman/Ruters
Anies Baswedan

JERNIH.ID, Jakarta - Partai Nasional Demokrat (Nasdem) resmi mendeklarasikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden yang akan diusung pada Pemilihan Presiden 2024. Pengumuman tersebut disampaikan oleh ketua umum partai tersebut, Surya Paloh, Senin (3/10/2022).

Dalam pidatonya, Paloh menilai Anies adalah sosok yang memiliki keyakinan dan pemikiran yang sejalan dengan partainya yang mengutamakan kepentingan nasional.

Paloh menekankan Nasdem memilih Anies karena meyakininya sebagai sebagai bakal calon presiden terbaik.

"Inilah kenapa akhirnya Nasdem melihat sosok Anies Rasyid Baswedan. Kami mempunyai keyakinan, pikiran-pikiran dalam perspektif, baik secara makro maupun mikro, yang sejalan dengan apa yang kami yakini. Kami ingin menitipkan perjalanan bangsa ini ke depan, In syaa Allah jika saudara Anies Rasyid Baswedan ini terpilih sebagai presiden nantinya," kata Paloh dilansir dari VOA Indonesia.

Menurut Paloh, pembicaraan koalisi dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Demokrat akan dilanjutkan. Dia juga nantinya akan memberikan otoritas kepada Anies untuk memilih calon wakil presidennya. Pria asal Aceh ini juga tidak akan memaksakan Anies untuk bergabung menjadi kader Nasdem, sepanjang Anies konsisten untuk membangun bangsa.

Dalam sambutannya, Anies Baswedan memegang teguh manifesto Partai Nasdem yang berjudul Restorasi Indonesia yang salah satu isinya ingin menciptakan demokrasi Indonesia yang matang, yang menjadi tempat persandingan antara keragaman dan persatuan, dinamika dan ketertiban, kompetisi dan persamaan, kebebasan dan kesejahteraan.

Dia mengklaim Nasdem konsisten menjalankan empat pesan dalam manifesto tersebut dan ini menunjukkan semangat kematangan berdemokrasi dan mementingkan kepentingan nasional di atas semua kepentingan. Karena itulah, Anies menyatakan bersedia menerima pencalonan dirinya sebagai bakal calon presiden dari Nasdem untuk meneruskan pembangunan, memperbaiki yang kurang, dan menuntaskan yang belum.

"Maka dengan memohon ridha dari Allah, dengan memohon petunjuk dari-Nya, dan dengan seluruh kerendahan hati, bismillahirrahmanirrahim kami terima dan bersiap untuk menjawab tantangan itu," ujar Anies.

Setelah menyelesaikan masa jabatannya sebagai gubernur Jakarta pada 16 Oktober mendatang, kata Anies, ia siap langsung membangun kolaborasi yang solid. Anies berharap usaha untuk bertarung dalam Pemilu 2024 diberi kemudahan.(*/JR1)



PT. Jernih Indonesia Multimedia - Jernih.ID