Perebutan Ketua PAN Kota Jambi, Pertarungan Rusli vs Hasan Mabruri Masih Berlanjut

Hasan Mabruri (kiri) dan Rusli Kamal Siregar
Istimewa
Hasan Mabruri (kiri) dan Rusli Kamal Siregar
Pernulis: Redaksi | Editor: Muhammad Syafe'i

JERNIH.ID, Jambi - Jika DPD PAN empat Kabupaten wilayah timur telah memutuskan siapa yang terpilih menjadi ketua saat Musda virtual Jumat lalu (28/12), tidak dengan Kota Jambi. Informasi dari internal DPW PAN, untuk Kota Jambi masih terjadi pertarungan sengit antara Rusli Kamal Siregar (Ketua fraksi PAN DPRD Propinsi Jambi) versus Hasan Mabruri (Direktur Centre Haris-Sani/Kader muda PAN).

Kepada jernih.id, seorang petinggi di DPW PAN Jambi menyebutkan, dari formatur yang telah ditunjuk, terjadi "pertarungan" sengit antara Rusli dan Hasan Mabruri. "Untuk Ketua DPD PAN Kota Jambi memang agak alot, sampai saat ini belum ada keputusan siapa yang terpilih menjadi ketua," kata sumber tersebut minta namanya tidak ditulis, Senin (1/3/2021).

Ia menambahkan, antara Rusli dan Hasan Mabruri memiliki kelebihan masing-masing, Rusli adalah ketua fraksi PAN yang cukup menjadi pertimbangan, sementara Hasan Mabruri adalah kader potensial yang diharapkan bisa tampil membawa bendera PAN dalam berbagai momen politik kedepan.

"DPP sepertinya masih bimbang dalam memutuskan ketua untuk Kota Jambi, memang sekarang dua kader ini yang sedang dipertimbangkan," lanjutnya.

Ia menambahkan, dukungan dari internal untuk kedua calon ini cukup berimbang. Namun sebelum masuk ke DPP memang mereka harus berembuk dulu, kalau tidak ditemukan kata musyawarah mufakat, maka penentuan akan diambil alih DPP.

Sementara itu, Sekretaris DPW PAN Provinsi Jambi dikonfirmasi mengenai hal ini mengatakan jika semua nama berpeluang untuk menjadi Ketua DPD PAN Kota Jambi.

"Semua nama sama-sama kuat, jadi semua berpeluang. Mengenai dua nama tersebut (Hasan Mabruri dan Rusli Kamal Siregar) mereka merupakan orang-orang yang hebat," ujarnya.

Ditanyakan lebih lanjut, mengenai dua namà tersebut yang saat ini senter dikabarkan akan maju di Pilwako akan datang dari PAN, Khusaini mengatakan jika hal itu masih jauh, karena masih 2024.

"Untuk tahap pertama DPD dulu, kita belum tau kedepan seperti apa. Kita berharap masyarakat semakin dekat dengan PAN, kader terbaik akan kita berikan nantinya untuk masyarakat," tukasnya.

Hal serupa juga disampaikan Ketua DPW PAN Provinsi Jambi, H. Bakri bahwa semua nama-nama formatur berpeluang besar menjadi Ketua DPD PAN Kota Jambi.

"Semua nama-nama formatur menempati urutan teratas, artinya sama-sama kuat dan semua nama berpeluang menjadi ketua. Siapapun nantinya yang menjadi ketua, itu merupakan yang terbaik," katanya.

Untuk diketahui, Rusli Kamal Siregar memang sudah lama terdengar kabar akan maju merebut ketua PAN Kota Jambi, sementara Hasan Mabruri boleh dibilang sebagai kandidat kejutan, karna sebelumnya tak terdengar akan maju, namun namanya tiba-tiba muncul saat penyerahan berkas calon ke DPW PAN Jambi.