Syarat Cakada Maju Pilkada 2024: Jumlah Dihitung Pada Perolehan Pemilu 2024

Penulis: Redaksi , Editor: Ardy - Kamis, 29 Februari 2024 , 20:00 WIB
Komisioner KPU Provinsi Jambi, Suparmin
Dok pribadi
Komisioner KPU Provinsi Jambi, Suparmin

JERNIH.ID, Jambi - Meski pemilu 2024 belum usai, tahapan pilkada serentak sudah mulai berjalan. Ada banyak pertanyaan muncul karena tahapan pilkada serentak akan bergulir sebelum dewan terpilih dilantik. Bagaimana mekanisme kursi bagi calon untuk maju?

Komisioner KPU Provinsi Jambi, Suparmin menyebutkan bahwa calon kepala daerah yang maju lewat jalur partai politik itu komposisi kursi dihitung dari perolehan suara 2024. Hal ini dikarenakan peserta Pemilu 2019 dan 2024 berbeda.

"Meskipun belum dilantik, tetap patokan kursi untuk calon kepala daerah yang maju itu pada perolehan pemilu 2024. Baik itu secara hitungan kursi maupun jumlah suara sah," katanya ketika dikonfirmasi, Kamis (29/2/2024).

Meski begitu, pihaknya belum bisa berbicara banyak karena hal itu baru tertera di undang-undang. Soal teknis sendiri saat ini belum ada dari KPU RI.

"Kita tunggu juknis dari KPU RI. Yang pasti perolehan kursi dan suara pemilu 2024 yang akan jadi syarat calon kepala daerah maju lewat jalur partai politik," tandasnya. (*/JR1)



PT. Jernih Indonesia Multimedia - Jernih.ID