Bertemu Menteri Perhubungan, Ini Empat Poin yang Disampaikan Gubernur Al Haris

Menteri Perhubungan Budi Karya dan Gubernur Al Haris (kiri) Menteri Perhubungan Budi Karya dan Gubernur Al Haris (kiri)
Penulis: Doni Yusal | Editor: Muhammad Sapi'i

JERNIH.ID, Jambi - Percepatan pembangunan di Jambi, Gubernur Jambi Al Haris menemui Menteri Perhubungan (Menhub) Ir Budi Karya Sumandi, Rabu (15/9/2021).

Bersama Anggota DPR RI Komisi V H Bakri dan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jambi, Vahrial Adhi, Gubernur Al Haris membawa empat poin percepatan pembangunan infrastruktur perhubungan dan sarana pendukung di Provinsi Jambi kepada Menhub.

Percepatan pembangunan ini didorong agar mempercepat pertumbuhan ekonomi masyarakat dengan adanya kemudahan akses transportasi darat, udara, dan laut.

Gubernur Al Haris mengatakan, poin pertama yang disampaikan kepada Menhub tersebut yakni terkait peningkatkan status pelabuhan Ujung Jabung dari pelabuhan pengumpul menjadi pelabuhan utama.

"Kita juga meminta penambahan dermaga Pelabuhan Roro Tanjab Barat dan pengembangan pelabuhan Muara Sabak, Nipah Panjang, Mendahara dan Kuala tungkal. Serta bantuan transportasi publik armada bus," kata Al Haris.

Tak hanya itu, Gubernur Jambi, Al Haris juga membahas soal rencana pembangunan jalur kereta api untuk angkutan batu bara di Jambi.

"kita ingin ada jalur kerata api Sumatera dari jalur Sarolangun, Bungo dan Talang Duku, untuk mengangkut baru baru. sehingga dengan adanya jalur kereta, tidak mengganggu lagi pengendara jalur kendaraan darat." sebut Al Haris.

Selanjutnya, Gubernur Al Haris juga ingin mempercepat peningkatan pembangunan infrastruktur perhubungan transportasi udara di Jambi.

"Peningkatan pengembangan Bandara Sultan Thaha kita berharap dapat terus berlanjut, sehingga nantinya menjadi bandar internasional, begitu juga dengan Bandara Muara Bungo dan Bandara Depati Parbo Kerinci," tutupnya.