Cara Memutihkan Wajah dengan Kopi

Masker kopi Masker kopi
Penulis: Redaksi | Editor: Yusminardi

JERNIH.ID - Selain diminum, kopi juga bisa digunakan sebagai skincare alami untuk merawat kulit wajah. Berkat kandungan berbagai zat di dalamnya, kopi dapat dimanfaatkan untuk membersihkan dan memutihkan kulit. Tertarik untuk mencobanya? Yuk, simak cara memutihkan wajah dengan kopi di artikel ini.

Kopi mengandung beragam zat yang memiliki efek antioksidan, antiradang, dan antibakteri. Berkat kandungan tersebut, kopi baik digunakan untuk membersihkan, mencerahkan, dan memutihkan kulit yang tampak kusam, serta menghilangkan lingkaran hitam di bawah mata.

Berbagai riset juga menyebutkan bahwa penggunaan kopi sebagai skincare alami terlihat dapat mencegah dan membantu mengatasi jerawat, memperbaiki kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari atau sinar UV, memudarkan bintik hitam atau flek di kulit, dan mencegah keriput di kulit akibat penuaan dini.

Dengan memanfaatkan kopi sebagai salah satu bahan perawatan kulit, wajah Anda mungkin bisa tampak lebih cerah, bersih, halus, dan putih.

Berbagai Cara Memutihkan Wajah dengan Kopi

Untuk keperluan memutihkan wajah, biasanya kopi dijadikan sebagai masker atau scrub. Meski kini sudah banyak produk masker atau scrub dari kopi yang tersedia di pasaran, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan mudah. Berikut di antaranya:

Membuat masker kopi dengan minyak zaitun

Masker kulit yang terbuat dari campuran kopi dan minyak zaitun baik untuk memutihkan wajah. Cara membuatnya pun mudah, Anda hanya perlu mencampurkan 2 sendok makan bubuk kopi dengan 3–5 sendok teh minyak zaitun, lalu oleskan ke wajah dan diamkan selama 15−20 menit.

Setelah masker mengering, bilaslah wajah Anda dengan air hangat. Lanjutkan dengan mengoleskan produk perawatan kulit lainnya, seperti toner, serum, dan pelembap. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukanlah perawatan ini secara rutin setidaknya 2–3 kali seminggu.

Membuat masker kopi dengan yoghurt

Cara memutihkan wajah berikutnya adalah dengan masker kopi yang dicampur yogurt. Masker ini baik untuk membersihkan kulit wajah dari kotoran dan sel-sel kulit mati, memudarkan bintik-bintik hitam, mengecilkan pori-pori, serta mencerahkan dan melembabkan kulit.

Berikut adalah langkah dalam membuat masker kopi dan yoghurt:

- Campurkan sekitar ½ sendok teh ampas kopi bekas atau kopi bubuk dengan 1−2 sendok makan yoghurt.
- Oleskan masker tersebut ke wajah, lalu pijat lembut wajah Anda selama beberapa menit.
-Diamkan masker di wajah sekitar 10 menit.
- Bilas wajah dengan air hangat.

Untuk mendapatkan hasil yang optimal, Anda bisa mengulang perawatan ini sebanyak 2 kali seminggu.

Membuat scrub kopi

Selain diolah menjadi masker, kopi juga bisa dikreasikan menjadi scrub atau lulur alami untuk membersihkan dan memutihkan wajah. Scrub berfungsi sebagai exfoliator wajah yang dapat menghilangkan kuman, debu, dan sel-sel kulit mati, mencegah penuaan dini, serta mencerahkan dan membersihkan pori-pori wajah.

Cara membuatnya pun tidak sulit. Anda cukup mencampur 1 cangkir bubuk kopi dengan 5 sendok makan minyak zaitun atau minyak almond dan 3 sendok makan gula. Kemudian, oleskan scrub tersebut pada wajah dan leher sambil memijatnya dengan lembut.

Penggunaan masker atau scrub dari kopi memang dapat membantu memutihkan wajah. Namun, perawatan wajah alami ini umumnya membutuhkan waktu yang tidak sebentar agar hasilnya bisa terlihat.

Selain itu, untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit, Anda juga harus mengimbanginya dengan perawatan kulit lainnya, misalnya dengan rutin membersihkan wajah, mengoleskan pelembap, dan menggunakan tabir surya.

Sumber: alodokter