Jubir Haris-Sani Diisukan Ikut Pilkada Tebo? Ini Kata Pengamat

Bilboard Ansori Hasan di Tebo
Istimewa
Bilboard Ansori Hasan di Tebo
Penulis: Redaksi | Editor: Muhammad Syafe'i

JERNIH.ID, Jambi - Meskipun Pilkada Tebo 2024 masih terbilang sangat jauh, namun sejumlah nama telah bermunculan kepermukaan. Sebut saja , ada Sanitul Latifah istri bupati Tebo, Hamdi mantan wakil Bupati Tebo, Syamsurizal Wakil Ketua DPRD Tebo, Wartono Anggota DPRD Tebo, Chalis Mustiko Anggota DPRD Tebo.

Belakangan ini muncul nama lainnya, yakni Ansori Hasan putra Tebo yang dipercaya sebagai Juru Bicara (Jubir) Haris-Sani dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2020 lalu.

Munculnya nama Ansori Hasan ini, ketika ia memasang bilboard ucapan atas pelantikan gubernur dan wakil gubernur Jambi berukuran 5x10 yang terletak persis di simpang Tugu Sulthan Thaha kecamatan Tebo Tengah kabupaten Tebo.

Selain itu, bilaboard ucapan yang sama juga terlihat di Unit II Rimbo Bujang tepatnya di depan kantor polsek. Pantauan media ini, Ansori Hasan selain menyampaikan ucapan selamat, juga meminta kepada masyarakat kabupaten Tebo untuk mendukung program Jambi mantap.

Pengamat politik Jambi, Asad Isma, menilai, munculnya secara tiba tiba bilboard ucapan tersebut sebagai sinyal pemiliknya ingin menggunakan momentum pelantikan gubernur Jambi sebagai wadah untuk mengenalkan diri kepada publik.

"Ansori Hasan memang bukan orang baru dikabupaten Tebo, selain Tebo adalah daerah ia dilahirkan,  namanya cukup dikenal banyak orang terutama dikalangan menengah ke atas. Ia pernah dikenal sebagai seorang jurnalis, aktivis mahasiswa, aktif diberbagai organisasi, dan namanya mulai dikenal dipropinsi Jambi sebagai Jubir calon gubernur dan wakil gubernur Haris-Sani. Jadi bisa saja ia didorong oleh seseorang untuk turut meramaikan Pilkada 2024 mendatang," ungkap Asad Isma yang juga Wakil Rektor UIN Jambi ini, Sabtu (31/7/2021).

Asad juga menilai, figur Ansori Hasan cukup diperhitungkan jika ia serius untuk bertarung merebut BH 1 WZ.

"Dia lumayan memiliki pengalaman politik yang mumpuni, cukup memiliki jaringan yang kuat baik di propinsi maupun pusat, dan karakternya yang mudah bergaul tentu akan mempermudah dirinya diterima masyarakat," tambahnya lagi.

Farisi pengamat politik Jambi, menilai jika menjelang 2024 ini tentu akan banyak bermunculan bakal calon baik di Pilkada ataupun Pemilihan Legeslatif (Pileg).

"Billboard ucapan selamat untuk gubernur dan wakil gubernur Jambi itu sudah sangat pas dilakukan beliau untuk melakukan promosi dan menaikan popularitas," kata dosen Ilmu Politik Universitas Jambi ini.

Untuk sosok Ansori sendiri, Farisi mengungkapkan tidak terlalu mengenalnya, namun dibeberapa acara dialog pernah sama-sama dengannya.

"Ada yang orang yang membangun suatu daerah tentu harus kita dukung. Ada orang yang ingin membangun Tebo, tentu harus kita apresiasi. Nanti biar masyarakat yang menyeleksi," ujarnya.

Sementara itu, Bahren Nurdin pengamat politik Jambi mengatakan untuk di Pilkada Tebo 2024 saat ini beberapa nama sudah muncul kepermukaan, diperkirakannya nanti masih banyak pemain-pemain lama yang bertarung di Pilkada Tebo 2024.

"Saat ini saya rasa semua masih mengetes opini publik, apakah ada penerimaan publik atau tidak. Nanti setelah dekat baru mengerucut siapa nanti yang akan maju di Pilkada Tebo 2024," katanya.

Untuk diketahui Ansori Hasan merupakan kelahiran di Muara Tebo 12 Oktober 1977, ia anak bungsu dari Alm Hasanawi dan Zubaidah, ayahnya semasa hidup bekerja sebagai walihakim dan guru ngaji. Umur tiga tahun ia ditinggali ayah dan dibesarkan oleh ibunya yang hanya seorang petani dan buruh cuci.

Setelah tamat SD N 2 Muara Tebo, ia melanjutkan pendidikan di Cirebon, Jawa Barat. Karena tidak memiliki uang, ia tidak bisa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Ia menyambung hidup sebagai penjaga masjid di Desa Lubuk Bulang Pulau Punjung, Damas Raya, Sumatera Barat.

Tahun 2000 ia nekat ambil kuliah di IAIN (UIN STS Jambi, red), untuk menyelesaikan kuliah ia bergabung sebagai jurnalis di salah satu media grup Jawa Pos dan di televisi lokal Jambi.

Berbagai organisasi pernah di tekuninya, diantaranya sebagai ketua karateker KNPI Batanghari, ketua Humpunan Mahasiswa Tebo (HIMASTE), ketua PC GP Ansor Tebo, sekretaris Koni Tebo, dan kini dipercaya sebagai humas PT Eraguna Bumi Nusa.