KPU Provinsi Jambi Terima Berkas Pencalonan Tiga Paslon Pilgub Jambi

M. Subhan
Humas KPU Provinsi Jambi
M. Subhan
Pernulis: Redaksi | Editor: Muhammad Syafe'i

JERNIH.ID, Jambi - Pendaftaran kandidat calon gubernur (cagub) dan calon wakil gubernur (cawagub) Jambi resmi ditutup, Minggu (6/9/2020) pukul 23:59.

Di hari pertama pembukaan pendaftaran kemarin, KPU telah menerima syarat dua pasangan calon yang sudah mendaftar. Mereka adalah Al Haris-Abdullah Sani yang datang di pagi hari.

Menyusul kemudian pasangan Cek Endra-Ratu Munawaroh yang datang pada siang. Kedua pasangan calon ini diantar tim, relawan dan simpatisan. Selain itu juga didampingi Ketua dan sekretaris partai politik pengusungnya.

Kemudian, di hari terkahir KPU menerima pendaftaran pasangan Fachrori Umar dan Syafril Nursal yang tiba dihantar tim, relawan, simpatisan dan ketua serta sekretaris partai pengusung.

KPU sendiri menyatakan menerima berkas pencalonan kedua pasangan calon ini. Di mana, Al Haris-Abdullah Sani diusung PAN, PKB dan PKS. Sementara dukungan partai Berkarya dibatalkan karena dianggap tak sah akibat kisruh di partai itu dengan total 17 kursi.

Kemudian, pasangan Cek Endra-Ratu Munawaroh juga berkas pencalonannya diterima dengan dukungan PDIP-Golkar. Sementara Nasdem yang belakangan memberikan dukungan dengan pasangan ini juga dinyatakan gugur karena tak terdaftar di silon. Pasangan ini mengantongi dukungan dari dua partai itu dengan total 16 kursi.

Lalu, di hari terakhir pasangan Fachrori-Syafril juga berkas pencalonannya diterima. Walaupun saat pendaftaran ini dukungan Gerindra sempat alot, namun KPU Provinsi Jambi akhirnya menerima. Dengan demikian pasangan ini diusung 19 kursi, yakni Hanura (2), Gerindra (7), Demokrat (7) dan PPP (3).

"Pada hari pertama pendaftaran ada dua pasangan calon ini yang sudah mendaftar dan keduanya diterima berkasnya dan lengkap," kata Subhan, Ketua KPU Provinsi Jambi, Senin (7/9/2020).

Lalu, di hari terakhir hanya satu Paslon yang mendaftar yakni pasangan Fachrori Umar-Syafril Nursal yang dinyatakan berkasnya lengkap dan diterima.

"Dengan demikian untuk Pilgub Jambi ini ada tiga Paslon yang mendaftar, yakni Al Haris-Abdullah Sani, Cek Endra-Ratu Munawaroh dan Fachrori Umar-Syafril Nursal," tukasnya.