Pelanggan PDAM Merangin Mengeluh Air Tak Mengalir, Ternyata ini Sebabnya

Al Haris saat tinjau PDAM Tirta Merangin
Istimewa
Al Haris saat tinjau PDAM Tirta Merangin
Pernulis: Upro | Editor: Muhammad Syafe'i

JERNIH.ID, Merangin - Aliran air PDAM Tirta Merangin sejak 3 hari terakhir tidak mengalir kerumah warga, kawasan Dusun Bangko, Pematang Kandis dan Lorong Kampar Kecamatan Bangko.

Tidak adanya pemberitahuan dari pihak PDAM membuat warga yang tinggal di kawasan kota Bangko sekitarnya ini mengeluh. Bupati Merangin Al Haris langsung mengecek kendala yang terjadi di Instalasi PDAM, Selasa (18/8/2020).

Dari hasil pengecekan ke Instalasi PDAM Induk Wilayah Dusun Bangko tersebut, ternyata ditemukan ada trabel pada Kontektor, sehingga motor pompa penyuplai air ke rumah-rumah warga tidak berfungsi.

‘’Jadi telah kita temukan kendalanya mengapa air tidak mengalir ke rumah warga dalam tiga hari ini. PDAM nanti akan segera memperbaikinya, sehingga air bisa normal mengalir ke rumah-rumah warga,’’ ujar Al Haris.

Dikatakan Al Haris kepada Dirut PDAM Merangin M Zuhdi saat pengecekan, kalau pelayanan kepada pelanggan itu sangat penting. Pelanggan harus dilayani dengan baik dan prima. Jangan sampai ada pelanggan yang mengeluh lagi kepada PDAM.

Sementara itu M Zuhdi saat dikonfirmasi, membenarkan adanya kerusakan pada Kontektor dan minta maaf kepada pelanggan PDAM yang airnya tidak mengalir dalam tiga hari terakhir.

‘’Kerusakan ini berawal dari terjadinya trabel pada Kubikel milik Perusahaan Listrik Negara (PLN) yang rusak. Setelah Kubikel itu diperbaiki PLN, kita coba tes nyalakan motor pompa PDAM, tapi jadi tidak berfungsi,’’ jelas M Zuhdi.

Setelah dicek lebih lanjut terang M Zuhdi, ternyata Kontektor milik PDAM jadi rusak, sehingga motor pompa tidak berfungsi. PDAM sudah memesan Kontektor itu ke Jambi dan dalam dua hari ini segera dipasang.

Untuk diketahui, dampak kerusakan Kontektor itu mengakibatkan air PDAM tidak mengalir ke rumah-rumah warga di wilayah Jalan Kampar, Dusun Bangko dan Kandis dalam tiga hari terakhir ini.

‘’Tapi untuk Dusun Bangko sekarang airnya sudah mengalir. Untuk kawasan Kandis kita usahakan siang ini airnya bisa mengalir. Namun untuk kawasan Kampar, dua hari lagi karena masih menunggu Kontektor dari Jambi,’’ terangnya.