Profil Singkat Ganjar Pranowo, Seorang Pemimpin yang Pernah Menjabat  Gubernur Jawa Tengah

Penulis: Redaksi - Selasa, 12 September 2023 , 13:06 WIB
Capres RI Ganjar Pranowo
Ist
Capres RI Ganjar Pranowo

JERNIH.ID, Jambi - H. Ganjar Pranowo, S.H., M.I.P. adalah seorang politisi Indonesia yang pernah menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah selama dua periode sejak 23 Agustus 2013. Sebelumnya, ia merupakan anggota Dewan Perwakilan Rakyat dari Fraksi PDI Perjuangan periode 2004–2009 dan 2009–2013. Ia juga sedang menjabat sebagai Ketua Umum Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama) selama dua periode, yaitu 2014–2019 dan 2019–2024; sekaligus Ketua Umum Persatuan Radio TV Publik Daerah Seluruh Indonesia (Persada.id).

Ganjar Pranowo dilahirkan dari keluarga sederhana pada tanggal 28 Oktober 1968 di desa lereng Gunung Lawu, Karanganyar. Ayahnya bernama Parmudji Pramudi Wiryo dan ibunya bernama Sri Suparni. Ia awalnya diberi nama Ganjar Sungkowo, dan merupakan anak kelima dari enam bersaudara.

Ganjar Pranowo menempuh pendidikan di Universitas Gadjah Mada dan Universitas Indonesia. Setelah lulus, ia bekerja sebagai konsultan sumber daya manusia (HRD) di beberapa perusahaan swasta. Pada tahun 2004, ia terpilih sebagai anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan. Selama menjabat sebagai anggota DPR RI, ia aktif dalam beberapa komisi, seperti Komisi III yang membidangi hukum, hak asasi manusia, dan keamanan

Pada tahun 2013, Ganjar Pranowo maju sebagai calon gubernur Jawa Tengah dari PDI Perjuangan dan terpilih dengan perolehan suara sebesar 42,7 persen. Ia kemudian terpilih kembali pada Pemilihan Gubernur Jawa Tengah 2018 dengan perolehan suara sebesar 58,75 persen

Ganjar Pranowo dikenal sebagai sosok yang visioner dan inovatif dalam memimpin Jawa Tengah. Beberapa program unggulan yang ia gagas antara lain “Jateng Gayeng”, “Jateng Berkah”, “Jateng Juara”, dan “Jateng Sejahtera”. Ia juga aktif dalam mempromosikan pariwisata Jawa Tengah melalui berbagai event seperti Festival Kebudayaan Jawa Tengah (FKJT) dan Jateng Fair.(*/JR2)



PT. Jernih Indonesia Multimedia - Jernih.ID