Soal Video Ajakan Pilih Kandidat Pilgub Jambi, Ini Klarifikasi Walikota Sungai Penuh

Asafri Jaya Bakri (AJB)
Istimewa
Asafri Jaya Bakri (AJB)
Pernulis: Redaksi | Editor: Muhammad Syafe'i

JERNIH.ID, Jambi - Video Walikota Sungai Penuh, Asafri Jaya Bakri (AJB) yang terkesan mengajak warga memilih salah satu kandidat di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jambi, yakni Syafril Nursal beredar di media sosial.

Atas beredarnya video ini, AJB menyampaikan klarifikasi melalui surat dengan nomor: 030/180/Setda. Tapem-2/IX/2020 yang ditujukan kepada Mendagri, KPU RI, Bawaslu RI, Gubernur Jambi, KPU Jambi, Bawaslu Jambi, KPU Sungai Penuh dan Bawaslu Sungai Penuh.

Pada surat tertanggal 15 September 2020, AJB menyampaikan, bahwa sebagai Kepala Daerah selaku Pejabat Pembina Kepegawaian yang seharusnya bersikap netral.

"Saya telah membuat pernyataan yang tidak pada tempatnya," tulisnya di poin satu.

Dirinya juga menyatakan bahwa pernyataan perihakan kepada salah satu bakal calon tersebut betul-betul terlontar karena ketidaksengajaan.

"Pada waktu itu waya sedang menjalankan tugas di kawasan masyarakat yang sangat fanatik dengan salah satu bakal calon wakil gubernur (Syafril Nursal, red) tersebut," terangnya pada poin kedua.

"Bahwa baleho bakal calon tersebut berdiri berdekatan dari tempat acara yang saya ikuti, maka
terucaplah pemyataan yang seolah-olah mendukung bakal calon wakil gubenur tersebut," tambahnya.

Ia juga menyatakan pada surat tersebut, bahwa dirinya tidak tahu ada yang memvideokan dan kemudian menyebarluaskan ke media sosial.

"Bahwa atas kejadian tersebut. Saya Walikota Sungai Penuh sebaga Pejabat Pembina Kepegawaian, mohon maaf atas ketidaksengajaan dan keterlanjuran ini," tulisnya pada poin kelima.

Terakhir, ia menyampaikan bahwa dengan klarifikasi yang saya sampaikan ini, maka pernyataan tersebut dirinya cabut.