Tak Kalah Menjanjikan, Begini Tips Berjualan di Pinterest yang Tepat!

Business
Istimewa/Net
Business
Pernulis: Jernih 1

JERNIH.ID, Kota Jambi - Membuka bisnis di media sosial memang tergolong populer, tetapi apa kalian pernah mencoba mengelola usaha di Pinterest? Walau tips berjualan di Pinterest belum sebanyak untuk Twitter dan Instagram, platform online yang satu ini ternyata menyimpan potensi menjanjikan, Gan.

Alasan berbisnis di Pinterest
Berdasarkan jumlah pengguna aktif, Pinterest menempati posisi keenam di antara media sosial populer lainnya. Lantas, mengapa beberapa orang mempercayakan Pinterest sebagai salah satu alat untuk mengembangkan bisnis mereka?

• Lebih fokus pada minat pengguna.
Pinterest ternyata punya satu kekuatan yang tak dimiliki media sosial lain, Gan: menjadi wadah pengguna untuk berbagi aspirasi, rencana, dan produk impian yang akan dikembangkan dengan tips berjualan di Pinterest. Kemudian, alih-alih memfokuskan pengguna untuk menjaring followers, platform ini lebih memprioritaskan minat pengguna. Kurang lebih 70% pengguna yang mampir ke Pinterest pun cenderung berinteraksi menggunakan fitur-fitur yang tersedia.

• Menyediakan tautan sumber pada konten
Sama seperti Instagram, Pinterest menjadikan visual sebagai konten utama. Bedanya, platform ini akan menyertakan tautan sumber pada konten yang diunggah pengguna.

Dukungan cross-platform pada Pinterest bakal memudahkan siapa saja untuk ‘menyimpan’ inspirasi dari media sosial atau website luar. Di sisi lain, kalian juga bakal dibawa langsung ke sumber pada tautan yang disematkan pada konten dalam satu kali klik, Gan.

• Mempercepat proses transaksi
Kecepatan dalam bertransaksi perlu kalian perhatikan saat menerapkan tips berjualan di Pinterest. Kabar baiknya, Gan, platform tersebut akan memudahkan konsumen yang ingin melakukan call to action setelah menemukan produk yang sesuai. Pinterest menyediakan fitur Shop yang bisa kalian manfaatkan sebagai display untuk memamerkan produk. Hanya dengan mengeklik Visit, konsumen bakal diantarkan ke website atau sumber lain untuk melanjutkan transaksi.

Cara memakai Pinterest untuk berbisnis
Mengoptimalkan fitur-fitur yang disediakan Pinterest adalah kunci utama yang akan memudahkan jalan kalian saat memulai bisnis. Bagaimana caranya?

• Buat Pin dan Board lebih interaktif
Langkah pertama dalam tips berjualan di Pinterest adalah menyiapkan Pin dan Board yang interaktif. Sebagai contoh, untuk produk makanan, kalian bisa mencantumkan resep atau tips mengolahnya (kalau produk termasuk bahan mentah). Untuk membuat fungsinya lebih maksimal, fokuskan atensi kalian pada hal-hal ini:

• Eksplorasi. Pinterest memungkinkan pengguna untuk membuat berbagai konten dalam satu Board, Gan. Jadi selain menggunakan foto atau gambar, kalian bisa tambahkan konten lain seperti video dari Youtube, Dailymotion, dan lain sebagainya;

• Tambahkan lokasi. Kalian yang mengoperasikan bisnis secara offline dapat memanfaatkan Place Pins untuk mengunggah konten bersama lokasi. Jadi, konsumen akan lebih mudah menemukan tempat saat mereka ingin berkunjung;

• Optimasi dengan Rich Pins. Tips berjualan di Pinterest berikutnya adalah menggunakan Rich Pins untuk menambah informasi penting pada Pin kalian. Fitur ini cukup membantu kalau kalian perlu mencantumkan detail yang wajib diketahui konsumen.

• Prioritaskan konten dalam bentuk infografis
Sampai sekarang, infografis masih diandalkan content creator untuk menyampaikan informasi dengan menggabungkan teks dan grafis. Jenis konten ini cocok juga buat kalian gunakan sebagai media promosi di Pinterest yang mana mengutamakan visual.

Bagaimana cara menyusun infografis yang berkualitas? Pastikan kalian menampilkan nilai serta Corporate Social Responsibility (CSR) lewat gambar. Rasio antara teks dengan visual juga harus seimbang supaya pengguna yang berkunjung tak kesulitan mencerna informasinya, ya, Gan.

• Optimasi supaya ‘bersahabat’ dengan search engine
Mengoptimasi konten adalah tips berjualan di Pinterest selanjutnya yang bisa kalian aplikasikan. Karena menggunakan gambar atau foto sebagai konten utama, sesuaikan namanya dengan keyword yang akan kalian sematkan. Apalagi mesin pencari seperti Google lebih menyukai konten-konten dengan relevansi tinggi dan organik.

Manfaatkan deskripsi sebaik mungkin buat menyampaikan detail produk kepada calon konsumen. Kemudian, supaya konten kalian muncul dalam pencarian, baik di Pinterest maupun search engine, masukkan tag-tag yang berkaitan dengan produk.

Nah, itulah serangkaian cara yang bisa kalian gunakan buat mengawali bisnis di dunia digital. Selamat mempraktikan tips berjualan di Pinterest untuk mewujudkan usaha yang sukses dan dikenal baik konsumen!