3 Jenis Ancaman Ekonomi Adalah Kondisi yang Harus dihindari

Penulis: Redaksi , Editor: Muhammad Sapi'i - Jumat, 05 Agustus 2022 , 14:16 WIB
Ilustrasi ancaman ekonomi
Istimewa
Ilustrasi ancaman ekonomi

JERNIH.ID - Mendengar kalimat ancaman ekonomi, maka yang terlintas dalam benak Anda adalah kondisi finansial dalam ambang bahaya. Apakah demikian? Ancaman ekonomi adalah jenis-jenis usaha yang berasal dari dalam maupun luar negeri dan sedang mengalami ancaman dari segi finansial. Ancaman tersebut berdampak pada pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Faktor-faktor Penyebab Terjadinya Ancaman Ekonomi

Ancaman ekonomi tidak terjadi begitu saja. Ada faktor-faktor yang mendalangi di baliknya. Simak berikut ini:

1. Pembangunan Infrastruktur Bermasalah

Dikatakan bermasalah jika dalam pembangunan infrastruktur ternyata tidak merata. Kondisi tersebut membuat kegiatan ekonomi menjadi terhambat. Terlebih lagi menghadapi ancaman ekonomi menyebabkan banyak daerah tertinggal. Sehingga mengakibatkan urbanisasi yang tidak merata. Kemudian memunculkan ketimpangan ekonomi yang terjadi antardaerah.

2. Ketidakjelasan Sistem Perekonomian Negara

Jika suatu negara memiliki sistem perekonomian yang sulit dipatuhi alias tidak jelas, maka menyebabkan terjadinya ancaman ekonomi. Baiknya, pemerintah melakukan evaluasi terhadap sistem perekonomian yang berkaitan dengan investor dari luar negeri. Ada baiknya dikaji kembali dengan tetap berpihak kepada pengusaha maupun rakyat sendiri.

3. Terjadinya Inflasi

Ancaman ekonomi akan terjadi saat suatu negara mengalami inflasi. Kondisi demikian terjadi karena harga-harga naik, stimulus fiskal yang tidak tertangani dengan baik, suku bunga juga mengalami kenaikan akibat perubahan harga dari pasar dunia, proses produksi dan distribusi yang lambat, serta permintaan yang terlalu tinggi. Nilai dari mata uang pun menjadi rendah dan itulah yang menyebabkan inflasi.

4. Permasalahan di Bidang Politik dan Hukum

Jika suatu negara lebih didominasi partai tertentu dan membuat kebijakan yang berpihak ke segelintir orang, maka dapat menyebabkan terjadinya ancaman ekonomi. Termasuk lambatnya pemerintah dalam mengatasi penyebaran virus COVID-19. Dari segi hukum, saat pemerintah menjatuhkan hukuman secara tidak adil, maka imbasnya pada ketidakstabilan dari perekonomian negara tersebut.

3 Jenis Ancaman Ekonomi di Indonesia

Ada beberapa jenis ancaman ekonomi yang dapat dialami oleh negara Indonesia. Berikut ini untuk Anda ketahui lebih lanjut:

1. Angka Pengangguran di Indonesia Meningkat

Jenis satu ini masih menjadi tugas pemerintah dalam menanggulanginya. Angka pengangguran yang semakin meningkat dan tidak segera ditanggulangi akan menambah jumlah angka kemiskinan di Indonesia. Akibatnya, perekonomian menjadi tidak stabil.

Harapannya pemerintah dapat lebih bijak dalam menanggulangi angka pengangguran. Cara mengatasi ancaman ekonomi seperti dengan menciptakan jumlah lapangan kerja yang memadai. Memperhatikan kualitas pendidikan, jika ada yang belum sesuai sebaiknya ditingkatkan kualitasnya. Sampai dengan mendukung keberadaan para wirausaha baru.

2. Indonesia Memiliki Hutang dengan Negara Lain

Sebaiknya pemerintah tidak melupakan jenis ancaman ekonomi yang satu ini. Ancaman ekonomi adalah hutang yang dimiliki Indonesia dengan negara lain membawa dampak pada ketidakstabilan perekonomian. Sebagai negara dengan pendapatan kecil menengah, tentu miris saat memiliki hutang dalam jumlah besar.

3. Korupsi yang Merajalela

Ancaman ekonomi di Indonesia yang kerap menjadi pemberitaan adalah korupsi. Ini termasuk salah satu jenis ancaman ekonomi yang harus segera dibasmi. Mengingat para koruptor bukan berasal dari orang miskin, melainkan orang kaya. Adanya korupsi di Indonesia menyebabkan masalah besar bagi perekonomian negara.

Pemerintah hendaknya bijak dalam menangani dan mengelola ancaman ekonomi agar tidak semakin parah. Demi kestabilan ekonomi, maka masyarakat juga harus bahu-membahu ikut mengatasinya. Penyelesaian ancaman ekonomi adalah harus dilakukan dengan serius agar kondisi perekonomian Indonesia stabil.



PT. Jernih Indonesia Multimedia - Jernih.ID