Dua Hektar Kebun Ganja di Gunung Masurai Dibongkar Polres Merangin

Polres Merangin saat gelar jumpa pers penemuan dua hektare kebun ganja
Istimewa
Polres Merangin saat gelar jumpa pers penemuan dua hektare kebun ganja
Penulis: Upro | Editor: Muhammad Syafe'i

JERNIH.ID, Merangin - Polres Merangin berhasil membongkar ladang Ganja di kawasan Gunung Masurai Desa Nilo Dingin, Kecamatan Masurai Kabupaten Merangin, Jumat (09/10/2020) malam.

Tangkapan Polres Merangin total barang bukti yang berhasil didapat sebanyak 180 pohon ganja dan puluhan bibit yang ditemukan di tempat tersembunyi yang cukup jauh dari pemukiman warga.

Penangkapan barang terlarang tersebut diungkapkan Kapolres Merangin AKBP Irwan Andy. Dia membenarkan penangkapan dua pelaku. Kata dia, luas tempat penanaman ganja tersebut hampir dua (2 ) hektar.

"Dalam lokasi dua hektar mereka mengelabui dengan cara menanam dibawah pohon dan juga area yang tidak dilihat aparat. Tapi dengan upaya meminta keterangan tersangka semua barang bukti berhasil kita temukan," ujar Kapolres.

Dikatakan Kapolres ada dua tersangka yang diamankan dari ungkap kebun ganja tersebut yakninya DRH (24) dan RB (27). Keduanya merupakan warga Desa Nilo Dingin, Kecamatan Masurai.

"Pengakuan awal mereka mendapatkan bibit tersebut dari rekannya, saat ini masih kita selidiki. Kalau dilihat dan pengakuan tersangka perkebunan ganja ini sudah dilakukan selama tiga bulan terakhir," jelasnya.

Dijelaskan Kapolres, Kronologis pembongkaran kebun ganja tersebut berawal dari informasi warga adanya perkebunan ganja di area Nilo dingin dekat area pergunungan.

Dari informasi tersebut akhirnya tim kepolisian menuju lokasi dan ternyata benar saat dialokasi ditemukan daun ganja dan tersangka didalam pondok

"Track jalannya jauh, kalau dari jalan lintas menempuh perjalanan hampir 4 Jam. Dan lokasinya didalam hutan dipinggiran gunung Masurai," jelasnya.

Atas perbuatannya, Polres Merangin mengenakan sangsi terhadap kedua tersangka dengan pasal 115 ayat 2 dengan ancaman 5 tahun penjara.