Maju di PAN, Apakah sinyal Hasan Mabruri Disiapkan untuk Pilwako Jambi?

H Bakri dan Hasan Mabruri (kanan) saat menjadi saksi di Haris-Sani saat pleno Pilgub Jambi
Istimewa
H Bakri dan Hasan Mabruri (kanan) saat menjadi saksi di Haris-Sani saat pleno Pilgub Jambi
Pernulis: Redaksi | Editor: Muhammad Syafe'i

JERNIH.ID, Jambi - Masuknya nama Hasan Mabruri, Direktur Centre Haris-Sani dalam bursa calon ketua DPD PAN Kota Jambi cukup mengejutkan, mengingat selama ini tidak ada sinyal politik apapun terkait hal ini.

Hasan Mabruri diketahui pernah menjadi kader Demokrat, dan dia diketahui juga cukup dekat dengan ketua DPW PAN Jambi H. Bakri, bahkan kedua nama tersebut pernah berpasangan sebagai saksi Haris-Sani saat pleno KPUD beberapa waktu lalu.

Diminta tanggapannya terkait hal ini, DR. Asad Isma, pengamat politik yang juga Wakil Rektor II UIN STS Jambi mengatakan, hal ini sangat mungkin. "Saya melihat hal ini (disiapkan untuk Pilwako) sangat mungkin, apalagi dia dikenal sangat dekat dengan Gubernur terpilih Al Haris," kata Asad, Rabu (24/2/2021).

Selain itu menurut Asad, Hasan Mabruri juga dekat dengan H. Abdullah Sani, Wakil Gubernur Jambi terpilih. "Dengan pak Abdullah Sani juga dekat, Hasan Mabruri itu pernah menjadi murid Pak Dul, bahkan mereka juga lahir dari rahim organisasi yang sama," tambah mantan ketua PW GP Ansor Jambi ini.

Al Haris kata Asad, diyakini akan memperkuat jaringan politiknya, menurutnya, Al Haris pasti berfikir untuk kembali maju pada periode berikutnya. "Jadi Al Haris yang sudah menjadi kader PAN tentu akan terus memperkuat jejaring politiknya. Andai lolos di MK nanti, Al Haris pasti berfikir untuk melanjutkan kepemimpinan pada periode berikutnya," jelasnya..

Sementara itu, Hasan Mabruri sendiri enggan menanggapi spekulasi ini. "Belum la, Musda PAN saja belum. Apalagi Pilwako, masih jauh. Saya sadar diri, posisi walikota terlalu besar untuk saya, memori saya belum cukup untuk itu," katanya.