Fachrori: JPS Kontribusi Nyata Pemprov Jambi

Fachrori Umar saat salurkan bantuan Covid-19 ke Mashuri
Humas Pemprov Jambi
Fachrori Umar saat salurkan bantuan Covid-19 ke Mashuri
Pernulis: Redaksi | Editor: Muhammad Syafe'i

JERNIH.ID, Bungo - Gubernur Jambi, Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum menyampaikan, Jaring Pengaman Sosial (JPS) merupakan salah Satu upaya dan bentuk kontribusi nyata Pemerintah Provinsi Jambi dalam membantu masyarakat yang terdampak covid-19 di Provinsi Jambi, termasuk masyarakat Kabupaten Bungo. Hal tersebut disampaikan Fachrori saat menyalurkan secara langsung JPS Covid-19 Provinsi Jambi, yang berlangsung di Lapangan Semagor Kabupaten Bungo, Kamis (04/06).

"Alhamdulillah, kita dari Pemerintah Provinsi Jambi terus berupaya membantu meringankan beban Pemerintah Kabupaten/Kota dalam mengatasi masyarakat yang terdampak covid-19. Ini merupakan kontribusi nyata dari kita sebagai perpanjangan tangan dari Pemerintah Pusat dalam membantu masyarakat," ujar Fachrori.

Fachrori mengungkapkan, Pemerintah Provinsi Jambi telah mengambil kebijakan untuk percepatan penanggulangan covid-19 dengan mengalokasikan anggaran dalam penyediaan bantuan kesehatan dan Jaring Pengaman Sosial (Social Safety Net) bagi masyarakat yang terdampak atau memiliki resiko sosial akibat covid-19 sebesar Rp.600.000,- (enam ratus ribu rupiah) untuk 30 ribu rumah tangga yang tersebar di 11 Kabupaten/Kota dalam Provinsi Jambi, sebagaimana tindak lanjut dari Instruksi Menteri Dalam Negeri RI Nomor 01 Tahun 2020.

"Kita telah melakukan koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Bungo dalam menetapkan besaran Alokasi keseluruhan calon bantuan JPS Covid-19. Adapun jumlah alokasi daftar calon penerima bantuan untuk Kabupaten Bungo sebanyak 2.036 rumah tangga penerima sesuai dengan kriteria penerima bantuan yang telah ditetapkan," ungkap Fachrori.

"Saya mengharapkan bantuan JPS di masing-masing Kabupaten/Kota khususnya di Kabupaten Bungo dapat secara bertahap disalurkan kepada masyarakat dengan tetap berpegang teguh pada kebijakan social dan physical distancing. Semoga melalui bantuan ini juga dapat membantu meringankan beban masyarakat Provinsi Jambi yang terdampak covid," harap Fachrori.

Bupati Bungo, H.Mashuri mengatakan, wabah covid-19 menyebabkan perekonomian berjalan lambat dan juga melumpuhkan sebagian aktivitas masyarakat, tidak terkecuali dengan Kabupaten Bungo. Masyarakat Bungo sendiri yang terpapar covid-19 berjumlah 4 orang positif dan alhamduillah 2 orang telah sembuh.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada Bapak Gubernur Jambi yang telah mengalokasikan bantuan JPS sebanyak 2.036 rumah tangga penerima bantuan untuk Kabupaten Bungo dan Bapak Gubernur sendiri yang menyerahkan secara langsung kepada masyarakat. Semoga masyarakat Bungo yang mendapatkan bantuan JPS benar benar mendapatkan manfaatnya," kata Mashuri.