Gubernur Al Haris: Desa Merupakan Ujung Tombak Pembangunan Daerah

Gubernur Jambi, Al Haris
Diskominfo Provinsi Jambi
Gubernur Jambi, Al Haris
Penulis: Redaksi

JERNIH.ID, Jambi - Gubernur Jambi Dr. H. Al Haris, S.Sos, M.H., membuka secara secara resmi Rapat Koordinasi Percepatan Dana Desa  Tahun 2021 dan Isu-isu Strategis Desa Tahun 2021, di Ballroom Hotel Aston Kota Jambi, Senin (26/7).

Rapat Koordinasi yang juga dilaksanakan secara virtual tersebut, turut dihadiri oleh Anggota Komisi V DPR RI Perwakilan Provinsi Jambi H. Bakri, Dirjen Pembangunan Desa dan Pedesaan Kementerian Desa dan PDTT RI yang menyaksikan secara Virtual, Forkopimda Provinsi Jambi, Sekretaris Daerah Provinsi Jambi H. Sudirman, S.H.,M.H., Kepala OJK Provinsi Jambi, Kepala Perwakilan BPKP Jambi, Rektor Universitas Jambi, serta Kepala OPD Provinsi Jambi, Perwakilan Camat, Kepala Desa, Tenaga Pendamping Profesional Provinsi Jambi dan Kabupaten/Kota se-Provinsi Jambi.

Dalam sambutannya Gubernur Jambi menyampaikan bahwa, diperlukan sinergitas antara Pemerintah Provinsi, dengan Pemerintah Kabupaten/Kota dan Pemerintah Desa, untuk bersama-sama mendorong percepatan realisasi anggaran Dana Desa yang telah memasuki priode Triwulan ke 2 Tahun 2021 ini.

“Di tengah-tengah kita ingin mempercepat, serapan APBDES kita, anggaran Desa yang menjadi target pemerintah, untuk 8 persennya itu harus segera dicairkan dan digunakan. Bapak Ibu Kades mengelolanya untuk kepentingan yang pertama adalah percepatan penanganan  Covid-19 di desanya, termasuk juga pemulihan ekonomi desa,” ujar Gubernur Jambi.

Gubernur Jambi menegaskan bahwa, target pembangunan Pemerintah Provinsi Jambi selanjutnya adalah, menitik beratkan pada pembangunan desa, karena desa merupakan ujung tombak pembangunan daerah.

“Pesan saya adalah, kami  tahun depan akan menaikan dana desa yang dulu dana desa itu 60 juta tahun depan kita naikkan menjadi 100 juta, disamping ada Dumisake nanti Bapak Ibu sekalian. Saya minta tolong nanti Dumisake itu pantau betul, di desanya, karena itu adalah marwah kita dalam membangun Desa. Kekuatan membangun itu ada di desa, itu yang pertama. Kenapa, karena desa ujung tombak kita membangun daerah, kalau semua desa itu sudah bagus pembangunannya, maka Jambi akan bagus,” tegas Haris.

Pada pembukaan rakor tersebut, Gubernur Jambi menyerahkan hadiah bagi para pemenang lomba Desa dan Kelurahan tingkat Provinsi Jambi Tahun  2021, berupa piala dan piagam serta uang pembinaan kepada masing-masing pemenang yaitu, kategori pemenang lomba desa uang pembinaan sebesar 7 juta rupiah diserahkan kepada Desa Delia Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Tanjab Barat sebagai pemenang pertama, 6 juta rupiah kepada Desa Muaro Sebo Kecamatan Jaluko Kabupaten Muaro Jambi sebagai pemenang kedua, 5 Juta rupiah kepada Desa Lindung Jaya Kecamatan Kayu Aro Kabupaten Kerinci sebagai pemenang ketiga, untuk kategori Pemenang Lomba Kelurahan, uang pembinaan sebesar 7 juta rupiah kepada Kelurahan Lebak Bandung Kecamatan Jelutung Kota Jambi sebagai pemenang pertama, 6 juta rupiah kepada Kelurahan Teluk Nilau Kecamatan Pengabuan Kabupaten Tanjab Barat sebagai pemenang kedua.

Selanjutnya, Gubernur juga menyerahkan hadiah bagi pemenang lomba kategori kegiatan Apresiasi Keterbukaan Informasi Publik Desa yaitu, juara pertama jatuh pada Desa lubuk Beringin Kecamatan Batin III Ulu Kabupaten Bungo, juara kedua Desa Tanjung Benuang Kecamatan Pemenang Selatan Kabupaten Merangin, juara ketiga Desa Meranti Baru Kecamatan Mandiangin Kabupaten Sarolangun, juara harapan satu Desa Dataran Kempas Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Tanjab Barat, juara harapan dua Desa Sido Mukti Kecamatan Dendang Kabupaten Tanjab Timur.