Hikmah Pagi: Kehidupan dan Ujian

Pernulis: Super Admin

JERNIH.ID, Jambi - Kehidupan manusia selalu dinamis, ujian dan cobaan akan terus silih berganti datang sesuai dengan porsi yang sudah ditentukan, maka bahasa Al-Qur’an sangat indah: ‘’Allah tidak akan membebani seseorang dengan sesuatu yang tidak mampu mereka pikul’’. Artinya setiap individu sudah mempunyai porsi masing-masing yang sudah ditetapkan oleh Allah.

Begitupun tantangan dalam berdakwah selalu dinamis karena zaman selalu mengalami perubahan, maka dibutuhkan berbagai starategi yang jitu dan indah supaya bisa mengisi ruang-ruang yang kosong sehingga tidak mudah membuat umat ini galau. Karena umat berbeda-beda, ada yang punya jangkauan luas dan tak sedikit sinyalnya naik turun, sehingga beragam dalam menerima informasi yang disampaikan.

Maka dakwah yang paling berat adalah menyelaraskan antara teks dengan konteks sesuai porsi yang dibutuhkan. Terlalu berlebihan akan berbahaya, kurangpun akan terasa hampa. Apabila mampu menyelaraskan maka akan selalu hati-hati dalam mengambil tindakan dan penyampaian. Imam Asy-syadzili pernah menyampaikan,

Tidak akan sempurna seorang Alim dalam kedudukan ilmunya hingga dia diuji dengan empat perkara: (1) Cemooan seorang musuh, (2). Para sahabat yang suka meremehkan. (3). Orang-orang bodoh yang menuduh dan memfitnahnya, (4). Hasadnya para ulama (saling iri hati diantara para ulama). Apabila dia sabar dalam hal itu semua, niscaya Allah akan menjadikannya sebagai sosok pemimpin yang dijadikan rujukan dan panutan.

Maka hidup tidak perlu tegang apalagi terlalu serius, semua berjalan sesuai dengan aturan-Nya kita tinggal menjalankannya dan berupaya untuk istiqomah dijalan-Nya, karena hati akan tenang jika terus menyalurkan energi positif dan terus berupaya untuk menggapai ridlo-Nya.

Semoga Allah senantiasa menjaga kita semua dari fitnah dunia dan akhirat kelak Aamien Allahumma Aamien. Al-Faqir Ila Alla, ZA