Ini Jadwal Putusan MK Sengketa Pilgub Jambi

Sarbaini
Istimewa
Sarbaini
Pernulis: Redaksi

JERNIH.ID, Jambi - Putusan sela untuk beberapa daerah untuk Permohonan Perselisihan Hasil Pemilu (PHPU) telah dibacakan Mahkamah Konstitusi (MK) diantaranya termasuk Pilwako Sungai Penuh, namun untuk Pilgub Jambi tidak ada.

Ditanyakan mengenai hal ini, anggota tim advokasi Al Haris-Abdullah Sani, Sarbaini SH, menjelaskan, saat ini beberapa daerah memang sudah ada putusan sela oleh MK. Namun, untuk Pilgub Jambi, nanti tidak lagi pakai putusan sela.

Alasannya, akan disidang dengan pembuktian-pembuktian pada pekan depan. Karena itu, setelah sidang tersebut, hakim akan mengeluarkan putusan tetap.

“Jadi tidak ada putusan sela. Perkiraan Senin depan sidang lagi di MK,” ungkap Sarbaini, Selasa (16/2/2021).

Menurutnya, pada sidang pekan depan itu, agendanya ialah pembuktian-pembuktian.

“Mulai dari saksi-saksi, dan dokumen-dokumen seperti DPT, formulir C1 dan lain-lain,” tambah Bang Sar -sapaan akrab Sarbaini-, lagi.

Nah, setelah sidang tersebut, barulah akan diagendakan pembacaan putusan. Bisa jadi akhir Februari 2021 ini atau awal Maret 2021.

“Putusan MK Pilgub Jambi intinya dalam waktu dekat. Sekarang kita fokus saja ke materi sidang,” jelasnya.

Untuk diketahui, Al Haris-Abdullah Sani, adalah pemenang Pilgub Jambi 2020. Pasangan nomor urut 3 ini menang setelah mengalahkan Cek Endra-Ratu Munawaroh dan Fachrori Umar-Syafril.

Sumber: jambiseru.com