Semarak Muharram: Wagub Abdullah Sani Santuni 175 Anak Yatim se-Kecamatan Betara

Penulis: Redaksi , Editor: Ardy - Selasa, 09 Juli 2024 , 22:36 WIB
Abdullah Sani santuni 175 anak yatim se-Kecamatan Betara
Diskominfo Provinsi Jambi
Abdullah Sani santuni 175 anak yatim se-Kecamatan Betara

JERNIH.ID, Betara - Dalam rangka menyemarakkan Peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 H, Wakil Gubernur Jambi, Abdullah Sani memberikan santunan kepada 175 Anak Yatim Piatu se-Kecamatan Betara, yaitu terdiri dari Kelurahan Mekar Jaya, Desa Bunga Tanjung, Lubuk Terentang, Makmur Jaya, Mandala Jaya, Muntialo, Pematang Buluh, Pematang Lumut, Serdang Jaya, Sungai Terap, Teluk Kulbi, dan Terjun Gajah.

Dalam kesempatan ini Wagub Abdullah Sani juga bertindak sebagai penceramah pada Peringatan Tahun Baru Hijriah 1 Muharram 1446 H dan Santunan Anak Yatim, bertempat di Masjid Raya AT-Taqwa Parit Tomo, Desa Mekar Jaya Kecamatan Betara, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Selasa (9/7/2024).

Wagub Abdullah Sani mengatakan, diantara dua belas bulan dalam kalender Hijriah, ada empat bulan yang disebut “Asyhurul Hurum” atau bulan yang haram, yakni bulan Zulkaidah, Zulhijjah, Muharram, dan Rajab.

“Bulan-bulan ini memiliki kemuliaan, diantaranya Allah mengharamkan umat Islam melakukan perbuatan yang dilarang, kecuali diserang oleh orang-orang kafir,” katanya.

Wagub Abdullah Sani juga mengatakan, bulan Muharram merupakan bulan yang istimewa karena menjadi bulan awal dalam sistem penanggalan Hijriah. Oleh karena itu, tidak heran jika bulan ini memiliki banyak keistimewaan.

“Merayakan Tahun Baru Hijriah bukanlah sekadar momen untuk mengganti angka tahun dalam kalender, tetapi merupakan kesempatan berharga bagi kita untuk merenung dan merefleksikan diri,” ujar Wagub Abdullah Sani.

Dalam kesempatan tersebut Wagub Abdullah Sani juga mengajak jama’ah yang hadir untuk memperbanyak amalan-amalan ibadah diantaranya yaitu berpuasa. Menurutnya puasa Muharram dapat dilakukan dengan beberapa pilihan. Pertama, berpuasa tiga hari, sehari sebelumnya dan sehari sesudahnya, yaitu puasa tanggal 9, 10, dan 11 Muharram. Kedua, berpuasa pada hari itu dan satu hari sesudah atau sebelumnya, yaitu puasa tanggal 9 dan 10, atau 10 dan 11. Ketiga, puasa pada tanggal 10 saja.

“Mudah-mudahan Allah panjangkan umur kita menjadi yang terbaik yang diisi dengan kebaikan amal-amalan, bukan Allah panjangkan umur kita yang diisi dengan keburukan,” pungkasnya.

Sementara itu, Camat Betara Nasrun, SE mengatakan, memasuki bulan Muharram ini sebaiknya diisi dengan menginstrospeksi diri dan memperbanyak sedekah santunan kepada anak yatim piatu.

“Memasuki bulan Muharram, mari kita memperbanyak muhasabah instrospeksi diri kemudian juga memperbanyak santunan anak yatim. Mudah-mudahan bulan ini menjadi bulan penuh berkah bagi kita semua,” ucap Nasrun.

Dalam kunjungan ke Kabupaten Tanjung Jabung Barat ini, Wagub Abdullah Sani turut didampingi oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Jambi dan Plt. Kepala Biro Organisasi Setda Provinsi Jambi. Selain itu, Peringatan 1 Muharram juga turut dihadiri ratusan masyarakat dari berbagai desa se-Kecamatan Betara. (*/JR2)



PT. Jernih Indonesia Multimedia - Jernih.ID