Ucapkan Selamat ke Joe Biden, Jokowi Harap Kerja Sama Indoensia-AS Menguat

Jokowi dan Joe Biden
Twitter: Joko Widodo
Jokowi dan Joe Biden
Pernulis: Redaksi | Editor: Muhammad Syafe'i

JERNIH.ID, Jakarta - Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) memberikan ucapan selamat kepada Joe Biden dan Kamala Harris atas kemenangan dalam Pemilu Amerika Serikat.

Jokowi mengatakan kemenangan tersebut merupakan sebuah cerminan harapan masyarakat Amerika Serikat (AS) melalui demokrasi.

"My warmest congratulations @JoeBiden and @KamalaHarris on your historic election. The huge turn out is a reflection of the hope placed on democracy," tulis Jokowi di akun resmi Twitternya, Minggu (8/11/2020).

Jokowi juga berharap, kemenangan Biden-Harris ini dapat meningkatkan dan memperkuat kemitraan strategis Indonesia-AS, baik kerja sama bidang ekonomi, demokrasi dan multilateralisme.

"Look forward to work closely with you in strengthening Indonesia-US strategic partnership and pushing forward our cooperation on economy, democracy and multilateralism for the benefit of our two people and beyond," kata Jokowi.

Untuk diketahui, dilansir dari republika.co.id Joe Biden dari Partai Demokrat unggul dari Donald Trump di pemilu AS. Dalam pidato resmi pertamanya, Ahad (8/11) pagi waktu Indonesia, Biden mengatakan ia memposisikan dirinya sebagai pemimpin yang tidak mencari perpecahan tetapi akan menyatukan negara.

Biden ingin mempersatukan negara yang saat ini ada dalam cengkeraman pandemi dan masalah ekonomi serta kekacauan sosial. Pidato Biden muncul setelah tiga hari masa penghitungan suara yang penuh ketidakpastian. Biden akhirnya melewati syarat 270 suara elektoral lewat kemenangan di Pennsylvania untuk memenangkan Pilpres AS.