'Salah Boleh, Bohong Jangan', Pengamat: Bentuk Gentleman Pengakuan Romi

Romi  Hariyanto-Robby Nahliansyah saat debat publik Pilbup Tanjab Timur
tangakapan layar YouTube KPU Tanjab Timur
Romi Hariyanto-Robby Nahliansyah saat debat publik Pilbup Tanjab Timur
Pernulis: Redaksi | Editor: Muhammad Syafe'i

JERNIH.ID, Jambi - Closing statmen saat debat publik calon bupati Tanjung Jabung Timur nomor urut 3 Romi Hariyanto dengan kalimat 'salah boleh, bohong jangan' saat ini ramai menjadi perbincangan.

Menurut pengamat politik, Ahmad Harun Yahya apa yang disampaikan Romi pada closing statmen dengan kalimat 'salah boleh, bohong jangan' merupakan penyampaian yang tegas dari seorang pemimpin.

"Artinya apa yang disampaikan Romi ini bentuk evaluasi di periode kepemimpinannya. Ia mengakui jika di kepemimpinan sebelumnya memang ada kesalahan, dan ia akan perbaiki ini," kata AHY panggilan akrab Ahmad Harun Yahya, Selasa (10/11/2020).

"Ini bentuk pengakuan gentleman Romi, bukan Romi mengajari untuk berbuat salah. Tentunya Romi sebagai bupati akan melakukan yang terbaik berbuat untuk Tanjab Timur, meskipun ada kesalahan. Romi juga berjanji tidak akan melakukan pembohongan, karena bagian dari penghianatan," tambahnya.

Dosen Raden UIN Fattah Palembang ini juga menyampaikan, kalaupun Romi berbicara tentang 'salah boleh, bohong jangan' Itu memang harus terjadi kepada yang memimpin, dan itu merupakan hal yang biasa.

"Pemimpin wajar untuk salah, dan kalau salah di evaluasi. Yang gawat itu, kalau berbohong. Seperti berbohong mengenai janji-janji yang tidak masuk akal, jadi wajar tentunya kalau pemimpin ada kesalahan," tegas pemuda kelahiran Tanjung Jabung Barat ini.

Lebih lanjut, AHY menambahkan jika tidak ada pemimpin yang tidak pernah melakukan kesalahan di dunia manapun.

"Apa yang disampaikan Romi itu bentuk penegasan jika dirinya tidak akan mengumbar janji-janji palsu ke masyarakat dan dia akan melakukan semua sesuai dengan kemampuannya, walaupun ada kesalahan tentu akan di evaluasi. Itu sebenarnya inti yang disampaikan Romi pada penutup di debat publik malam itu," tukasnya.